• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Sabtu, 20 April 2024

Kuluwung

Catatan Perjalanan (9); Generasi Zaman Akhir

Catatan Perjalanan (9); Generasi Zaman Akhir
Catatan Perjalanan #9; Generasi Zaman Akhir
Catatan Perjalanan #9; Generasi Zaman Akhir

Kata Allah yarham KH Maimoen Zubair (eMbah Moen) -- kita ini adalah generasi zaman akhir dengan kapasitas mental, spiritual yang tidak bisa mencapai "maqam" untuk membuat "amal" sendiri.


Maqam kita adalah "tabaruk" mengambil berkah dari tirakat-nya para ashabul karomah , para pemangku “keramat” yang telah meningggalkan banyak "jejak" dan "warisan-warisan besar" yang harus dijaga dan dilestarikan, baik berupa tradisi, amaliyah, maupun institusi pendidikan seperti pesantren, sekolah, madrasah atau kampus, tanpa kehilangan semangat tathowwur wal ibitikar, dinamis dan inovatif.


Mungkin ada yang tidak "setuju" dengan pendapat Mbah Moen. Namun, jika direnungkan lebih dalam. Sungguh, ada pesan dan pelajaran untuk “tawadhu”,  rendah hati, bersyukur, berterimakasih kepada orangtua, para guru, dan orang-orang yang telah banyak berjasa dalam hidup kita. 


“Siapa yang tawadhu karena Allah, (pasti) Allah akan mengangkat derajatnya”. (HR. Muslim).


“Orang arang tidak berterima kasih kepada manusia, dia tidak bersyukur kepada Allah” (HR. Ahmad).


“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka (sungguh) azab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim, ayat 7).


Terimakasih Mbah Moen.


Pemakaman Ma’la 
Jumat, lepas Ashar
Rabi al-Tsany 5, 1445 H
Oktober 20, 2023


KH Tatang Astarudin, pengasuh Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Kota Bandung


Kuluwung Terbaru