• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Sabtu, 20 April 2024

Kota Sukabumi

Habib Luthfi: Jika Ingin Maju, Cintailah Indonesia Secara Utuh

Habib Luthfi: Jika Ingin Maju, Cintailah Indonesia Secara Utuh
Habib Luthfi: Jika Ingin Maju, Cintailah Indonesia Secara Utuh
Habib Luthfi: Jika Ingin Maju, Cintailah Indonesia Secara Utuh

Sukabumi, NU Online Jabar
Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya atau yang populer dikenal sebagai Abah Habib Luthfi salah seorang ulama panutan warga Nahdliyin hadir mengisi ceramah dalam acara Kirab Merah Putih dan Tausyiah Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) di Lapangan Soetadi Ronodipuro Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri Jalan Bhayangkara No.116 Karamat Kota Sukabumi, Senin (19/9).

 

Dalam tausyiahnya mengungkapkan bahwa mencintai Indonesia harus secara utuh niscaya Indonesia akan maju

 

"Cintailah apa yang ada pada Republik Indonesia ini seutuhnya niscaya Indonesia akan maju. Duduk bersama antar umat beragama dan tanamlah rasa bangga terhadap Republik ini dan jangan buka aib bangsa ini," tuturnya

 

Selain itu, Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) tersebut juga berpesan kepada anggota polisi agar dapat berdakwah ke masyarakat melalui da'i kamtibmas. 

 

"Kita bisa masuk dengan adanya da'i Kamtibmas atau Kamtibmas yang lain bisa turun ke bawah. Bisa menyentuh, menyadarkan, mengintelektualkan, dan lain sebagainya. Apabila anggota polisi bisa berdakwah ke masyarakat, maka keamanan di berbagai sektor dapat terwujud. Harapannya polisi tetap menjaga keutuhan tanah air, baik dalam keamanan dunia pertanian, ekonomi, maupun keamanan di bidang-bidang lainnya," tambahnya

 

Karena menurut ulama karismatik Rais ‘Aam Idarah Aliyah Jam’iyah Ahlit Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyah (Jatman) ini, tugas Polri tidak jauh beda dengan para kiai dan tokoh masyarakat. Ia pun meminta institusi Polri dapat menghindari dan mencegah segala bentuk potensi perpecahan. 

 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Setukpa (Kasetukpa) Lemdiklat Polri Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto memapqrkankan maksud dari kegiatan tersebut merupakan sarana silaturrahim antara keluarga besar Setukpa Polri dan warga Sukabumi.

 

"Digelarnya kegiatan Kirab Merah Putih dan Tausiyah Kebangsaan adalah sebagai sarana silaturahmi antara keluarga besar Setukpa Lemdiklat Polri dengan warga Sukabumi sekaligus memupuk rasa nasionalisme dan cinta tanah air sesuai dengan nilai-nilai Pancasila serta semangat persatuan dan persaudaraan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika," paparnya.

 

Selain itu, Kasetukpa juga menambahkan, kegiatan tersebut juga sebagai upaya menguatkan sinergitas antara Polri–TNI dan para tokoh agama, serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

 

"Ungkapan syukur karena siswa SIP angkatan ke 51 tahun 2022 telah menjalankan pendidikan di Kota Sukabumi dan akan mengakhiri masa pendidikan dilantik menjadi perwira pertama Polri pada tanggal 3 oktober 2022 mendatang. Dan harapan kedepan, Sukabumi juga dapat dikukuhkan menjadi Kota Santri atau Kota Ulama, karena di Sukabumi banyak berdiri pesantren pesantren yang telah melahirkan banyak tokoh ulama," pungkasnya

​​​​​​​

Sebagai infromasi, kegiatan tersebut dimuali dengan kirab membentangkan bendera 100 meter dengan diikuti oleh ratusan ratusan siswa setukpa, puluhan Ansor dan Banser dilanjutkan dengan Tausyiah Kebangsaan yang disaksikan langsung oleh keluarga besar setukpa polri, para Ulama diantaranya Rois Syuri'ah PCNU Kabupaten Sukabumi KH. Mudrikah Hanafi, Rois Syuria'ah PCNU Kota Sukabumi KH. Abdullah Fauzi, Pimpinan Pondok Pesantren Annidzom KH. Abdullah Muchtar dan para ulama lainnya serta warga masyarakat.

 

Pewarta: Amus Mustaqim
Editor: Abdul Manap


Kota Sukabumi Terbaru