Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Tingkatkan Kapasitas Dai dan Imam Masjid, LDNU Jabar Undang Syekh Ali Ibrahim Abdullah Al-Azhar Mesir 

Tingkatkan Kapasitas Dai dan Imam Masjid, LDNU Jabar Undang Syekh Ali Ibrahim Abdullah Al-Azhar Mesir 
Ketua Delegasi Ulama Al-Azhar Mesir di Indonesia, Syekh Dr Ali Ibrahim Abdullah saat mengisi pelatihan dai dan imam masjid LD PWNU Jabar. (Foto: NUJO/Agung Gumelar)
Ketua Delegasi Ulama Al-Azhar Mesir di Indonesia, Syekh Dr Ali Ibrahim Abdullah saat mengisi pelatihan dai dan imam masjid LD PWNU Jabar. (Foto: NUJO/Agung Gumelar)

Bandung, NU Online Jabar
Untuk meningkatkan kapasitas keilmuan dai dan imam masjid, Lembaga Dakwah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (LD PWNU) Jawa Barat mengadakan pelatihan bagi para dai dan imam masjid di Aula Lantai 3 Gedung Dakwah PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung, No. 9, Lengkong, Kota Bandung, Selasa (27/06/2022) siang. 

 

Para dai dan imam masjid yang tergabung dalam Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama antusias mengikuti pelatihan. Terhitung ratusan dai dan imam masjid datang untuk ikut pelatihan. 

 

Pelatihan ini merupakan kerja sama antara LDNU dengan Lembaga Takmir Masjid PWNU Jabar, Al-Azhar Mesir, dan Kedubes Mesir untuk Indonesia. 

 

Panitia turut menghadirkan Ketua Delegasi Ulama Al-Azhar Mesir di Indonesia, Syekh Dr Ali Ibrahim Abdullah sebagai narasumber sekaligus pemateri untuk memberikan pembekalan dakwah kepada para dai dan imam masjid. 

 

Sebelumnya, pasca dilantik pada 10 Maret 2020 lalu, Ketua LD PWNU Jabar KH Jamil Abdul Latief mengungkapkan bahwa LDNU mempunyai visi untuk membumikan paham Islam moderat di Jawa Barat. Yang mana turunan dari visi tersebut bagaimana program-program LDNU bisa menghadirkan sebuah pemahaman yang menjadi perwajahan Islam yang ada di Indonesia ataupun di Jawa Barat. 

 

Kiai Jamil menjelaskan bahwa salah satu langkah hal tersebut adalah mengadakan pelatihan dai-dai dan imam masjid (Tadribud Du’at) seperti yang dilakukan LDNU sekarang. 

 

“Mudah-mudahan kegiatan kita mendatangkan manfaat sekaligus menjadi syiar Nahdlatul Ulama di Jawa Barat,” ujarnya. 

 

“Kami haturkan terima kasih kepada ketua tanfidziyah KH Juhadi Muhammad yang senantiasa membimbing kami sehingga upaya-upaya kita mendakwahkan aswaja an-Nahdliyah yang toleran, yang santun, yang ramah ini bisa terus kita sebarkan ke masyarakat Jawa Barat,” tuturnya. 

 

Ketua PWNU Jabar KH Juhadi Muhammad yang hadir dalam acara tersebut turut mengapresiasi upaya yang dilakukan pengurus LDNU dalam upayanya mendakwahkan Islam Ahlussunnah wal Jamaah an-Nahdliyah di bumi Pasundan. 

 

Kiai Juhadi mengatakan, LDNU menjadi tonggak utama bagaimana syiar Ahlussnnah wal Jamaah ini bisa menyebar luas ke masyarakat Jabar khususnya. Oleh karena itu, ia berharap LDNU Jabar untuk tidak kenal lelah dalam menyebarkan paham Islam Ahlussunnah wal Jamaah an-Nahdliyah di Jawa Barat. 

 

“Saya selaku ketua PWNU sangat berharap kepada LDNU Jabar dan LDNU yang ada di kabupaten dan kota bisa terus mampu mengembangkan dan menyebarkan paham Islam Ahlussunnah wal Jamaah an-Nahdliyah di Jawa Barat,” ucapnya. 

 

Terakhir, kiai Juhadi mendoakan agar apa yang diupayakan LDNU, RMI, dan lembaga serta banom yang berada di lingkungan PWNU Jabar mendapatkan berkah dan rida dari Allah Swt. 

 

Pewarta: Agung Gumelar

Kota Bandung Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×