• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 15 April 2024

Kota Bandung

KESEHATAN

Kamu Harus Tau, Kebiasaan Berikut Ini Bisa Buat Seseorang Gagal Diet

Kamu Harus Tau, Kebiasaan Berikut Ini Bisa Buat Seseorang Gagal Diet
Ilustrasi. (Foto: NU Online/freepik)
Ilustrasi. (Foto: NU Online/freepik)

Bandung, NU Online Jabar
Diet merupakan usaha untuk menurunkan berat badan dengan mengurangi kalori yang ada dalam tubuh. Salah satu usaha yang biasa dilakukan adalah dengan mengurangi porsi makan setiap harinya. 


Tapi, tahukah kamu bahwa diet tidak selalu berhubungan dengan kalori. Nyatanya, banyak yang sudah mengurangi porsi makan mereka, tetapi tetap saja menemui kegagalan dalam usaha dietnya tersebut. Lalu apa kira-kira penyebab gagal diet tersebut? Simak penjelasan berikut.


Dijelaskan dr Ita Fajria Tamim, gagalnya diet bisa disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan. Berikut adalah beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa menyebabkan gagalnya diet yang kita lakukan.


1.    salah memilih jenis olahraga


Setiap jenis olahraga memiliki tujuan dan manfaat yang berbeda meskipun olahraga memiliki kemampuan untuk membakar kalori. Akan tetapi, tidak semua jenis olahraga dapat menurunkan berat badan. Sebaliknya, olahraga yang berlebihan kadang justru menaikkan berat badan kita. 


“Jika ingin menurunkan berat badan pastikan memilih olahraga dengan Hight Intensity Interval Training (HIIT), biasanya dilakukan dengan olahraga kardio sedang dalam waktu singkat kemudian ditambah dengan istirahat,” jelas dr Ita dikutip dari tayangan Youtube NU Online, Jumat (1/3/2024).


2.    Makan terlalu sedikit


Percaya atau tidak makan terlalu sedikit justru dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk membakar kalori. Oleh karena itu, jika ingin menurunkan berat badan tidak cukup hanya dengan mengurangi porsi makan. Tetapi, penting juga untuk memilah makanan yang hendak dikonsumsi.


3.    Tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali


Diet rendah karbohidrat memang efektif untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, hati-hati pastikan bahwa kita tidak langsung meninggalkan karbohidrat secara total karena karbohidrat juga penting untuk energi utama tubuh.


“Boleh mengurangi karbohidrat tapi jangan sampai ditinggal total,” terang dr Ita.


4.    Konsumsi cemilan yang tinggi gula


Hari-hati mengonsumsi produk diet karena pada beberapa produk diet justru mengandung gula olahan yang tinggin.


5.    Melewatkan sarapan


Bagi Anda yang terbiasa dengan perut kosong saat pagi tentu melewatkan sarapan tidak masalah. Tapi, bagi Anda yang terbiasa sarapan hati-hati jangan sampai melewatkan sarapan karena itu justru Anda menjadi mudah lapar dan kalap saat makan siang.


6.    Konsumsi minuman berkalori


Hati-hati mengonsumsi minuman berkalori yang memiliki rasa karena banyak sekali minuman kemasan yang mengandung kalori tinggi karena gulanya juga tinggi.


7.    Kurang tidur dan kurang minum air


Hati-hati juga karena ini penyebab diet yang paling sering karena kalau kita kurang tidur atau kurang minum maka kemampuan tubuh untuk menghabiskan energi atau membakar kalori akan turun drastis. 


Itulah beberapa penyebab kenapa sebuah diet bisa gagal. Pastikan memilih metode diet yang tepat jika Anda ingin menurunkan berat badan.


Pewarta: Agung Gumelar


Kota Bandung Terbaru