Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Hj Ifa Faizah Rohmah Ungkap Program Pembelajaran Al-Quran dan Kitab Kuning Jadi Konsentrasi LP Maarif Jabar

Hj Ifa Faizah Rohmah Ungkap Program Pembelajaran Al-Quran dan Kitab Kuning Jadi Konsentrasi LP Maarif Jabar
Hj Ifa Faizah Rohmah Ungkap Program Pembelajaran Al-Quran dan Kitab Kuning Jadi Konsentrasi LP Ma'arif Jabar. (Foto; Riki Baehaki).
Hj Ifa Faizah Rohmah Ungkap Program Pembelajaran Al-Quran dan Kitab Kuning Jadi Konsentrasi LP Ma'arif Jabar. (Foto; Riki Baehaki).

Bandung, NU Jabar Online
Ketua Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat, Hj. Ifa Faizah Rohmah menyebut program pembelajaran Al-Quran merupakan salah satu aspek yang menjadi konsentrasi utama LP Ma'arif Jawa Barat dalam mendidik para siswa. Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pada gelaran Training of Trainer (ToT), Pelatihan dan Sertifikasi Guru Al-Quran di Gedung Balai Diklat Keagamaan (BDK) Bandung, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, pada Jumat (2/9) dan Sabtu (3/9). 


"Program pembelajaran yang utama antara lain adalah pembelajaran Al-Quran dan kitab kuning. Kedua aspek tersebut menjadi konsentrasi utama kami kedepan, dimulai dengan pelatihan dan sertifikasi ini," jelas Ifa dalam sambutannya, Jumat (2/9). 


Program tersebut, sambungnya, merupakan komitmen utama LP Ma'arif Jabar selain program lain seperti digitalisasi data dan pendidikan implementasi kurikulum merdeka belajar. 


Selain itu, Ifa memaparkan tujuan diadakannya agenda tersebut juga merujuk pada hasil survei yang dilakukan Perguruan Tinggi Ilmu Quran (PTIQ) pada 2019 tentang masyarakat buta baca Al-Quran yang menunjukan bahwa sekitar 65 persen muslim di Indonesia buta baca Al-Quran. 


"Tentu angka tersebut miris terdengar, sehingga program ini menjadi sebuah kebutuhan yg urgent di tengah hasil analisis yang sangat miris tersebut," tambahnya. 


Dengan demikian, lanjutnya, kami berkewajiban menggelontorkan agenda pelatihan ini, bersama JQH Jawa Barat. Sehingga kedepan, guru-guru yang telah mengikuti pelatihan dan sertifikasi dapat lebih maksimal membimbing para siswa agar dapat membaca Al-Quran dengan baik dan benar. 


Menurutnya, dengan pelatihan peningkatan mutu guru Al-Quran dapat meningkatkan kualitas lulusan dan kualitas sekolah itu sendiri. Kolaborasi yang dilakukan bersama JQH ini juga sebagai upaya pengajaran Al-Quran yang jelas sanad bacaannya. 


"Tentu JQH NU Jawa Barat yang dipimpin oleh KH Cecep Abdullah Syahid yang juga sebagai pimpinan Pesantren Al-Quran Al-Falah Bandung ini telah memiliki sanad  bacaan Al-Quran yang jelas," ungkapnya. 


Kolaborasi ini, menurutnya merupakan kolaborasi pertama dengan JQH Jawa Barat yang akan dilanjutkan kemudian pada program-program pembelajaran Al-Quran lainnya.


"Kemajuan LP Ma'arif dan lembaga pendidikan se-Jawa Barat menjadi sumber keunggulan kita, dimulai dengan keunggulan para ahli Al-Quran," pungkasnya. 


Pewarta: Riki Baehaki
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Kota Bandung Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×