Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Diikuti 125 Peserta, LP Maarif Gandeng JQHNU Jabar Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Guru Al-Quran

Diikuti 125 Peserta, LP Maarif Gandeng JQHNU Jabar Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Guru Al-Quran
Diikuti 125 Peserta, LP Maarif Gandeng JQHNU Jabar Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Guru Al-Quran. (Foto: Riki Baehaki).
Diikuti 125 Peserta, LP Maarif Gandeng JQHNU Jabar Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Guru Al-Quran. (Foto: Riki Baehaki).

Bandung, NU Jabar Online
Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Barat menggelar Training of Trainer (ToT), Pelatihan dan Sertifikasi Guru Al-Quran se-Jawa Barat. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Jami'atul Quro wal Hufadz (JQH) NU Jawa Barat, pada Jumat (2/9) hingga Sabtu (3/9), di Gedung Balai Diklat Keagamaan (BDK) Bandung, Jalan Soekarno Hatta, No. 716, Kota Bandung. 


Ketua LP Ma'arif Jawa Barat, Hj. Ifa Faizah Rohmah menyebut sebanyak 125 guru dari berbagai lembaga pendidikan di Kabupaten/Kota se-Jawa Barat menjadi peserta pelatihan dan sertifikasi kali ini. 


Menurut Ifa, kegiatan ini penting digelar untuk memberikan pelatihan dan pemahaman yang matang kepada para guru dalam mengajarkan Al-Quran kepada para siswa di sekolah. Kolaborasi yang dilakukan bersama JQH ini juga sebagai upaya pengajaran Al-Quran yang jelas sanad bacaannya. 


"Tentu JQHNU Jawa Barat yang dipimpin oleh KH Cecep Abdullah Syahid yang juga sebagai pimpinan Pesantren Al-Quran Al-Falah Bandung ini telah memiliki sanad bacaan Al-Quran yang jelas," ungkap Ifa dalam sambutannya, Jumat, (2/9). 


Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris LP Ma'arif Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Harianto Ogie mengapresiasi kegiatan yang digelar LP Ma'arif Jabar. Menurutnya, Pelatihan ini merupakan kegiatan pertama yang digelar LP Ma'arif se-Indonesia. 


"Pelatihan dan Sertifikasi ini, setahu saya merupakan kegiatan pertama yang digelar oleh LP Ma'arif se-Indonesia. Ma'arif Jawa Barat merupakan pionir dalam pelatihan Al-Quran kepada para guru, yang semoga dapat ditiru oleh Ma'arif yang ada di berbagai daerah lainnya," jelas Harianto dalam sambutannya. 


Menurutnya, pelatihan tersebut juga dapat disebut sebagai kegiatan pelatihan literasi Al-Quran. Penanaman paham literasi di berbagai aspek yang kini marak digaungkan berbagai lembaga penting untuk digelar, termasuk dimulai dengan penanaman paham literasi Al-Quran. 


Perlu diketahui, kegiatan tersebut dihadiri oleh Rais Syuriah PWNU Jabar KH Abun Bunyamin, Wakil Sekretaris PWNU Jabar Dindin C Nur, Sekretaris LP Ma'arif PBNU Harianto Oghie, Ketua LP Ma'arif Jabar Ifa Faizah Rohmah, Plt Ketua Bidang Madrasah Jabar Tedi Ahmad Junaedi dan Ketua BDK Bandung Aguslani Muslih.


Pewarta: Riki Baehaki
​​​​​​​Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Kota Bandung Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×