• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Jumat, 29 Maret 2024

Khutbah

Khutbah Idul Fitri: Meneguhkan Komitmen Keislaman dan Kemanusiaan

Khutbah Idul Fitri: Meneguhkan Komitmen Keislaman dan Kemanusiaan
Khutbah Idul Fitri: Meneguhkan Komitmen Keislaman dan Kemanusiaan (Ilustrasu: freepik)
Khutbah Idul Fitri: Meneguhkan Komitmen Keislaman dan Kemanusiaan (Ilustrasu: freepik)

Oleh Ustadz Endi Suhendi
(Sekretaris RMI PWNU Jawa Barat)

الله أَكْبَرُ – الله ُأَكْبَرُ – الله ُأَكْبَرُ – الله ُأَكْبَرُ – الله أَكْبَرُ – الله ُأَكْبَرُ الله ُأَكْبَرُ – الله ُأَكْبَرُ – الله أَكْبَرُ الله أَكْبَرُ كَبِيْرًا، وَالحَمْدُ لِلّهِ كَثِيْراً، وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاَ، لاَإِلهَ إِلاَّالله ُوَحْدَهُ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَأَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ الأَحْزَابَ وَحْدَهُ لَاإِلهَ إِلاَّالله ُوَلاَ نَعْبُدُ إِلاَّ إِيّاَهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْكَرِهَ المُشْرِكُوْنَ وَلَوْكَرِهَ الكاَفِرُوْنَ وَلَوْكَرِهَ المُناَفِقُوْنَ. 
الحَمْدُ لِلّهِ الَّذِيْ حَرَّمَ الصِّياَمَ أَيّاَمَ الأَعْياَدِ ضِياَفَةً لِعِباَدِهِ الصَّالِحِيْنَ. أَشْهَدُ أَنْ لاَإِلهَ إِلاَّالله ُ لاَشَرِيْكَ لَهُ الَّذِيْ جَعَلَ الجَّنَّةَ لِلْمُتَّقِيْنَ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَناَ وَمَوْلاَناَ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ االداَّعِيْ إِلىَ الصِّراَطِ المُسْتَقِيْمِ . اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَباَرِكْ عَلىَ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحاَبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلىَ يَوْمِ الدِّيْنَ. أَماَّ بَعْدُ 
فَيَآأَيُّهَاالمُؤْمِنُوْنَ وَالمُؤْمِناَتِ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ المُتَّقُوْنَ. وَاتَّقُوْا الله َحَقَّ تُقاَتِهِ وَلاَتَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

 

Hadirin jama`ah shalat Idul Fitri yang berbahagia
Fajar 1 Syawal telah menyingsing di ufuk timur, pada saat ini kita berada pada hari raya Idul Fitri. Pada hari ini di segenap penjuru dunia, umat Islam bersedia untuk bangkit secara serentak menggemakan dan mengumandangkan takbir, tahlil dan tahmid.

Dengan rasa haru dan penuh ikhlas, kita semua melepas bulan Ramadhan, bulan yang luhur dan mulia yang dipenuhi dengan ampunan dan karunia. Kita bertakbir, mengagungkan Allah Swt. Dan mensucikan-Nya dengan bertasbih, mensucikan dari segala sesuatu yang tidak layak pada-Nya.

Sejak tadi malam telah berkumandang alunan suara takbir, tasbih, tahmid dan tahlil sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas kemenangan besar yang kita peroleh setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh. Sebagaimana firman Allah SWT:

وَلِتُكْمِلُوااْلعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُاللهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ ولَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

“Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.”

Rasulullah SAW bersabda:

زَيِّنُوْا اَعْيَادَكُمْ بِالتَّكْبِيْر

“Hiasilah hari rayamu dengan takbir.”

Takbir kita tanamkan ke dalam lubuk hati sebagai pengakuan atas kebesaran dan keagungan Allah SWT sedangkan selain Allah semuanya kecil semata. Kalimat tasbih dan tahmid, kita tujukan untuk mensucikan Tuhan dan segenap yang berhubungan dengan-Nya.

Tidak lupa puji syukur juga kita tujukan untuk Rahman dan Rahim-Nya yang tidak pernah pilih kasih kepada seluruh hambanya. Sementara tahlil kita lantunkan untuk memperkokoh keimanan kita bahwa Dia lah Dzat yang maha Esa dan maha kuasa. Seluruh alam semesta ini tunduk dan patuh kepada perintah-Nya.

اللهُ اَكْبَرْ (3×) وَ للهِ اْلحَمْدُ

Hadirin Jama`ah Shalat Idul Fitri yang berbahagia
Setelah satu bulan penuh kita menunaikan ibadah puasa dan atas karunia-Nya pada hari ini kita dapat berhari raya bersama, maka sudah sepantasnya pada hari yang bahagia ini kita bergembira, merayakan sebuah momentum kemenangan dan kebahagiaan atas limpahan rahmat dan maghfiroh-Nya sebagaimana yang tersurat dalam sebuah hadis Qudsi:

اِذَا صَامُوْا شَهْرَ رَمَضَانَ وَخَرَجُوْا اِلىَ عِيْدِكُمْ يَقُوْلُ اللهُ تَعَالىَ: يَا مَلاَئِكَتِى كُلُّ عَامِلٍ يَطْلُبُ اُجْرَهُ اَنِّى قَدْ غَفَرْتُ لَهُمْ فَيُنَادِى مُنَادٌ: يَا اُمَّةَ مُحَمَّدٍ اِرْجِعُوْااِلَى مَنَازِلِكُمْ قَدْ بَدَلْتُ سَيِّئَاتِكُمْ حَسَنَاتٍ فَيَقُوْلُ اللهُ تَعَالَى: يَا عِبَادِى صُمْتُمْ لِى وَاَفْطَرْتُمْ لِى فَقُوْمُوْا مَغْفُوْرًا لَكُمْ

Artinya: “Apabila mereka berpuasa di bulan Ramadhan kemudian keluar untuk merayakan hari raya kamu sekalian maka Allah pun berkata: 'Wahai Malaikatku, setiap orang yang mengerjakan amal kebajikan dan meminta balasannya sesungguhnya Aku telah mengampuni mereka'. Seseorang kemudian berseru: 'Wahai umat Muhammad, pulanglah ke tempat tinggal kalian. Seluruh keburukan kalian telah diganti dengan kebaikan'. Kemudian Allah pun berkata: 'Wahai hambaku, kalian telah berpuasa untukku dan berbuka untukku. Maka bangunlah sebagai orang yang telah mendapatkan ampunan.” 

اللهُ اَكْبَرْ (3×) وَ للهِ اْلحَمْدُ

Hadirin jama`ah Shalat Idul Fitri yang berbahagia.
Setelah sebulan lamanya kita menjalankan ibadah puasa, banyak sekali pelajaran dan hikmah yang dapat kita petik sebagai bekal untuk kita mengarungi hidup dan kehidupan di sebelas bulan ke depan. Ibadah puasa yang kita jalankan selama bulan Ramadhan dan saat ini kita berhari raya Idul Fitri merupakan momentum untuk kita meneguhkan kembali komitmen ke-Islam-an, kemanusiaan dan kebangsaan kita.
Yang pertama, ibadah puasa sebagai sarana untuk meneguhkan komitmen ke-Islam-an kita. Islam berakar kata dari “aslama”, “yuslimu”, “islaaman” yang berarti tunduk, patuh, dan selamat. Islam berarti kepasrahan atau ketundukan secara total kepada Allah SWT. Orang yang beragama Islam berarti ia pasrah dan tunduk patuh terhadap ajaran-ajaran Islam. Seorang muslim berarti juga harus mampu menyelamatkan diri sendiri, juga menyelamatkan orang lain. Tidak cukup selamat tetapi juga menyelamatkan.

Kepasrahan yang paling utama dari seorang muslim adalah menerima dengan sepenuh hati bahwa tidak ada tuhan yang layak disembah kecuali Allah swt. Tauhid menduduki peringkat pertama, paling sentral dan paling esensial dalam ajaran Islam. Kesediaan umat Islam untuk menahan rasa lapar, dahaga serta segala hal yang dapat membatalkan ibadah puasa merupakan simbol peleburan ego manusia, pelepasan diri dari segala bentuk nafsu jasadi-duniawi, sekaligus menegaskan pembebasan (al-hurriyah) manusia dari penghambaan terhadap materi. Hal ini sesuai dengan misi tauhid yang diemban setiap manusia, yaitu tahrirul ’ibad min ’ibadatil ’ibad ila ’ibadati Rabbil ’ibad (membebaskan hamba (manusia) dari menyembah sesama hamba (makhluk) menuju penyembahan terhadap Tuhan).

Dengan demikian ibadah puasa yang kita jalani sebulan lamanya harus mampu meneguhkan karakter ke-Islam-an kita dengan menjadi pribadi yang pasrah dan tunduk secara totalitas terhadap semua aturan Allah swt. Kepasrahan itu telah kita tunjukkan saat berpuasa dengan rela menahan untuk tidak makan dan minum serta tidak melakukan hubungan suami isteri, semua itu semata-mata karena ketundukkan kita atas perintah Allah swt. Selain itu, saat kita berpuasa bukan saja harus menahan diri dari makan dan minum tapi kita juga dilatih untuk menahan nafsu amarah kita, menahan lisan dari menggunjing dan mencaci orang lain. Hal itu mengandung arti, bahwa orang yang berpuasa harus mampu menyelamatkan dirinya juga menyelamatkan sesamanya, salah satunya menyelamatkan orang lain dari kejahatan lisan kita, sebagai mana Rasulullah saw telah bersabda:

الْمُسْلِمُ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُونَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ،

"Muslim (orang yang beragama Islam) adalah orang yang orang-orang muslim lainnya selamat dari gangguan  lisan dan tangannya”.

Kedua, hikmah ibadah puasa Ramadhan adalah meneguhkan komitmen kemanusiaan. Semua bentuk ibadah baik personal atau antar pesonal selalu membawa dua makna yang saling bersimultan tidak terpisahkan. Sebagai contoh ibadah shalat, sesungguhnya ia tidak sekedar sarana dialog antara hamba dengan Allah saja untu bermunajat. Tapi shalat juga memiliki makna kemanusiaan yang luar biasa. Saat kita mengucap takbir “Allahu Akbar”, ini mengajarkan kepada kita bahwa hanya Allah yang Maha Besar, maka konsekuensinya adalah kita harus menyadari bahwa manusia semua setara dihadapan-Nya.

Ketika kita membaca Bismillahirrahmaanirrahim, maka kita diajarkan untuk “Takhallaqu biaakhlaqih” maka berakhlaklah dengan akhlak Allah yaitu arrahman arrahim, disamping bersyukur kepada Allah atas karunia nikmat yang sngat besar dan tak dapat dihitung itu, tapi juga Allah mengatakan arrahman arrahim.
Inilah nilai yang diajarkan melalui salat untuk membangun kasih sayang pada semua manusia, bukan hanya pada antar manusia satu agama tapi seluruh umat manusia ciptaan Allah. Bukan hanya kepada manusia saja tapi alam semesta. Misalnya juga sujud adalah wujud ketundukan dan kerendahan hati. Salam, mengajarkan kedamaian kita kepada umat manusia. Itu adalah pesan moral kemanusiaan yang dibangun salat yang seakan urusan individu tapi bukan sama sekali.

Begitu juga dengan ibadah puasa. Ia merupakan ibadah yang sangat istimewa. Saking istimewanya sampai-sampai Allah swt, dalam sebuah hadits qudsi menyatakan:

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلاَّ الصِّيَام، فَإنَّهُ لِي وَأنَا أجْزِي بِهِ

“Setiap amal anak Adam itu miliknya, kecuali puasa. Sesungguhnya puasa itu milik-Ku dan Aku yang akan memberi ganjarannya”.

Jadi dikatakan shoumu li fainnahu li wa ana ajzi bihi, mengandung makna bahwa, pertama adalah kontrol kepada seluruh bangunan manusia yang terdiri dari akal hati fikiran. Manusia memiliki tiga dimensi, dimensi tindakan, dimensi fikiran, dimensi hati nurani. Maka ketika kita berpuasa, semua itu mendapat kontrol langsung dari Allah SWT. Intinya seluruh ibadah dalam bentuk apapun terutama yang personal, jangan dianggap sebuah personal, tapi itu cara Tuhan menyadarkan manusia tentang orang lain, tentang yang lain the other.
 

Syeikh Izzudin bin Abdissalam, sultonil ulama, di dalam kitab Qowaidul Ahkam fi Masholihil Anam, beliau mengatakan:

التكاليف كلها راجعة إلى مصالح العباد في دنياهم وأخراهم والله غني عن عبادة الكل

“Setiap kewajiban, baik yang bersifat individual maupun sosial, sesungguhnya itu semua untuk kepentingan manusia, baik kepentingan duniawi maupun ukhrawi. Dan Allah tidak butuh dengan seluruh ibadah yang dilakukan oleh hamba-Nya”. 

Jadi, sesunggunya setiap ibadah yang kita lakukan untuk untuk kepentingan manusia dan kemanusiaan. 
Lebih tegas lagi dikatakan waliyullah Ibbnu Athhoillah Assakandari seorang Master Althurisme yang sangat terkenal

لا تنفعه طاعتك و لا تضره معصيتك و إنما أمرك بهذه و نهاك عن هذه لما يعود عليك

“Ketaatanmu kepada Allah tak memberi-Nya manfaat (keuntungan) apapun. Dan pembangkanganmu kepafa-Nya tak merugikan Dia sama sekali. Dia memerintahkanmu melakukan ini itu atau melarang ini atau itu, hanyalah untuk (keuntungan) kamu sendiri”.

Intinya bahwa baik perintah atau pun larangan Allah swt. itu semua bukan untuk Allah, melainkan untuk manusia, Manusia dalam arti bukan hanya untuk diri kita sendiri, melainkan juga untuk kepentingan manusia keseluruhan.

Dengan demikian ketaatan seseorang terhadap segala yang diperintahkan oleh Allah swt. harus berimplikasi pada semakin tingginya sepirit kemanusiaan seseorang. Orang yang ahli ibadah seharusnya ia semakin menyadari akan kehambaan dirinya serta semakin peduli terhadap sesamanya.

Selain itu ibadah puasa juga mengajarkan kita tentang sikap persamaan (al-musawah) harkat dan martabat sesama manusia. Tidak ada superioritas dan inferioritas antara satu individu dengan individu lain, satu masyarakat dengan masyarakat lain, bahkan satu bangsa dengan bangsa lain. Semua manusia sama di hadapan Tuhan. Hanya tingkat ketakwaannyalah yang membedakan satu sama lainnya, sebagai mana disebutkan dalam firman Allah Q. S. Al-Hujurat [49]: 13.

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal.

Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti (Q. S. Al-Hujurat [49]: 13)

Penanaman kesadaran akan nilai-nilai kemanusiaan, serta prinsip kesetaraan (egalitarianisme) sesama manusia ini pada gilirannya akan menumbuhkan sikap solidaritas sosial.
Jama`ah shalat idul fitri yang dirahmati Allah swt.

Saat ini dunia masih dilanda wabah Covid-19, tidak terlepad dengan negara kita. Wabah yang sudah berlangsung lebih dari setahun ini telah berimplikasi pada berbagai macam krisis, baik ekonomi, sosial, politik, Pendidikan dan lain sebagainya. Kenyataan ini, jika dibiarkan berlarut-larut akan menjadi preseden buruk bagi kelangsungan hidup bangsa ini di masa yang akan datang. Lebih jauh, jika tidak segera ditangani, maka pelbagai persoalan lain akan muncul dan semakin menambah derita panjang bangsa ini.
Dalam konteks inilah, aktualisasi nilai-nilai ibadah puasa menemukan relevansinya. Ritual puasa yang disimbolkan dengan menahan rasa lapar dan dahaga, serta segala hal yang dapat membatalkan ibadah puasa dapat dimaknai secara luas. Selain sebagai upaya taqarrub (pendekatan diri) seorang hamba terhadap Penciptanya, juga dapat diartikan sebagai upaya menumbuhkan sikap kesadaran akan eksistensi kemanusiaan serta solidaritas sosial terhadap sesama.

Dimensi vertikal (hablun min Allah) dan dimensi horisontal (hablun min an-nas) harus berjalan selaras dan seimbang. Dimensi vertikal yang disimbolkan dengan penafian terhadap segala nafsu duniawi selama menjalankan ritual ibadah puasa, merupakan implementasi dari sikap taat terhadap Allah. Sedangkan dimensi horisontal tercermin dari sikap solidaritas sosial sesama manusia berupa pengakuan akan kesetaraan, persamaan derajat dan kesadaran akan eksistensi kemanusiaan.

Ibadah puasa merupakan simbol komitmen bersama untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, mengajarkan kepekaan sosial, empati terhadap pelbagai persoalan yang menimpa orang lain, sehingga setiap individu ataupun kelompok sosial terjamin hak-haknya sebagai manusia yang merdeka dan bermartabat. Singkatnya, ritual ibadah puasa mengajarkan kita untuk melakukan transendensi, merefleksi, mengapresiasi, sekaligus mentransformasikan nilai-nilai moral ilahi yang suci dan sangat mulia ini menuju nilai-nilai insani dalam realitas sosial.

جعلنا الله وإياكم من العائدين والفائزين والمقبولين كل عام وأنتم بخير. آمين بسم الله الرحمن الرحيم، وَسَارِعُوْا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِيْنَ. وَقُلْ رَّبِّ اغْفِرْ وارْحَمء وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ

Khutbah II


اللهُ اَكْبَرْ ٣× اللهُ اَكْبَرْ ٤ ×. اللهُ اَكْبَرْ كبيرا وَاْلحَمْدُ للهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ الله بُكْرَةً وَ أَصْيْلاً لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرْ اللهُ اَكْبَرْ وَللهِ اْلحَمْدُ الحمد لله حمدا كثيرا كما امر. واشهدان لااله الاّ الله وحده لاشريك له اقراراً بربوبيّته وارغاما لمن جحد به وكفر. واشهد انّ سيّدنا محمّدا عبده ورسوله سيّد البشر. اللّهمّ فصلّ وسلم على سيّدنا محمّد وعلى اله واصحابه المصابيح الغرر. ما اتّصلت عين بنظر واذن بخبر. من يومنا هذا الى يوم المحشر. امّا بعد
فياايّها النّاس اتّقوا الله فيما امر. وانتهوا عمّا نهى عنه وحذّر. واعلموا انّ الله تبارك وتعالى امركم بأمر بدأ فيه بنفسه وثنّى بملا ئكته المسبّحة بقدسه. فقال تعالى ولم يزل قائلأ عليما. انّ الله وملائكته يصلّون على النبى. يا ايّها الذين امنوا صلّوا عليه وسلّموا تسليما. اللّهمّ صلّ وسلّم على سيّدنان محمّد جدّ الحسن و الحسين وعلى اله واصحابه خير اهل الدّارين خصوصا على اوّل الرّفيق. سيّدنا ابى بكرن الصّديق. وعلى الصّادق المصدوق. سيّدنا ابى حفص عمر الفاروق. وعلى زوج البنتين سيّدنا عثمان ذى النّورين. وعلى ابن عمّه الغالب سيّدنا علىّ ابن ابى طالب. وعلى الستّة الباقين رضى الله عنهم اجمعين. وعلى الشّريفين سيّدى شباب اهل الدّارين. ابى محمّدن الحسن وابى عبد الله الحسين. وعلى عمّيه الفاضلين على النّاس. سيّدنا حمزة وسيّدنا العبّاس. وعلى بقيّة الصّحابة اجمعين. وعلى التّابعين وتابع التّابعين لهم باحسان الى يوم الدين. وعلينا معهم برحمتك ياارحم الرّحيمن.
 اللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ. اللهُمَّ اَعِزَّ اْلاِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْن وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ .وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ اَعْدَاءَالدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ . اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لَنا دِيْنَنَا الَّذِي هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِنا وَأَصْلِحْ لنا دُنْيَانا الَّتِي فِيهَا مَعَاشُنَا وَأَصْلِحْ لنا آخِرَتنا الَّتِي فِيهَا مَعَادُنا وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لنا فِي كُلِّ خَيْرٍ وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لنا مِنْ كُلِّ شَرٍّ. اللَّهُمَّ أَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِنَا، وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِنَا، وَاهْدِنَا سُبُلَ السَّلَامِ، وَنَجِّنَا مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ، وَجَنِّبْنَا الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، وَبَارِكْ لَنَا فِي أَسْمَاعِنَا وَأَبْصَارِنَا وَقُلُوبِنَا وَأَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا، وَتُبْ عَلَيْنَا، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ. اللّهمَّ حَبِّبْ إلَيْنَا الإيمَانَ وَزَيِّنْهُ فِي قُلُوْبِنَا وَكَرِّهْ إلَيْنَا الْكُفْرَ وَالْفُسُوْقَ وَالْعِصْيَانَ وَاجْعَلْنَا مِنَ الرَّاشِدِيْنَ اللهمَّ ارْزُقْنَا الصَّبْرَ عَلى الحَقِّ وَالثَّبَاتَ على الأَمْرِ والعَاقِبَةَ الحَسَنَةَ والعَافِيَةَ مِنْ كُلِّ بَلِيَّةٍ والسَّلاَمَةَ مِنْ كلِّ إِثْمٍ والغَنِيْمَةَ مِنْ كل بِرٍّ والفَوْزَ بِالجَنَّةِ والنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ رَبَّنا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار 
عِبَادَاللهِ ! اِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِى اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوااللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرْ


Khutbah Terbaru