• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Kabupaten Cirebon

LAZISNU Kabupaten Cirebon Salurkan Donasi Palestina Sebesar Hampir Rp200 Juta

LAZISNU Kabupaten Cirebon Salurkan Donasi Palestina Sebesar Hampir Rp200 Juta
Penyaluran donasi palestina LAZISNU Kabupaten CIrebon kepada PWNU Jawa Barat, dalam acara Halaqah Kebangsaan dan Konsolidasi Organisasi PWNU dengan PCNU se-Jawa Barat di Aula PCNU Kabupaten Cirebon, Kamis (30/11/2023). (Foto: NU Online Jabar/Sofhal Adnan)
Penyaluran donasi palestina LAZISNU Kabupaten CIrebon kepada PWNU Jawa Barat, dalam acara Halaqah Kebangsaan dan Konsolidasi Organisasi PWNU dengan PCNU se-Jawa Barat di Aula PCNU Kabupaten Cirebon, Kamis (30/11/2023). (Foto: NU Online Jabar/Sofhal Adnan)

Cirebon, NU Online Jabar
Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Cirebon menyalurkan bantuan donasi Palestina kepada Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat, Kamis (30/11/2023).


Penyerahan bantuan senilai hampir Rp200 juta rupiah itu diserahkan dalam acara Halaqah Kebangsaan dan Konsolidasi Organisasi PWNU dengan PCNU se-Jawa Barat di Aula PCNU Kabupaten Cirebon.


Ketua LAZISNU Kabupaten Cirebon, Ade Faizal Alami menegaskan bahwa kepedulian warga Cirebon terhadap krisis kemanusiaan di Gaza, Palestina cukup tinggi. 


Ade Faizal menyebut bahwa indikator klaim tersebut dari hasil donasi yang telah dikumpulkan. "Indikatornya adalah karena donasi untuk Palestina yang dihimpun LAZISNU bukan hanya dari perorangan, tetapi juga dari sejumlah lembaga," jelasnya. 


Hingga akhir November 2023, kata dia, tercatat donasi yang telah dihimpun LAZISNU Kabupaten Cirebon mencapai Rp193.507.600. Angka tersebut merupakan total perolehan donasi dari sejumlah lembaga pendidikan formal, madrasah diniyah, pesantren, masjid, hingga majelis taklim. 


Jumlah donasi tersebut, menurut sosok yang akrab disapa Kang Faiz itu, diperoleh dari konser amal dan lelang vespa bertajuk "Bervespa bersama Kiai dan Scooterist Peduli Palestina" beberapa waktu lalu.


"Vespa milik pengusaha Nahdliyin atas nama H. Mohamad Lutfi itu terjual Rp55 juta yang sepenuhnya didonasikan untuk Palestina melalui Lazisnu," katanya.


Sementara itu, Manajer NU Care-LAZISNU Kabupaten Cirebon, Umar Rojana menjelaskan, donasi yang dihimpun dari masyarakat Cirebon akan disalurkan langsung ke Gaza, Palestina, melalui LAZISNU PBNU yang bekerjasama dengan lembaga kemanusiaan di Gaza. 


"Pertengahan November lalu LAZISNU PBNU sudah mengirimkan bantuan tahap kedua di Gaza. Insya Allah bantuan tahap berikutnya akan terus disalurkan untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina," ujar dia.


Dalam kesempatan yang sama, Ketua tanfidziyah PWNU Jawa Barat, KH Juhadi Muhamad menyampaikan terimakasih atas solidaritas warga Cirebon dalam membantu penderitaan warga Gaza, Palestina. 


"Ini membuktikan warga Cirebon sangat peduli dengan masalah kemanusiaan di Palestina, terima kasih Lazisnu Kabupaten Cirebon," tandasnya.


Donasi yang dihimpun Lazisnu Kabupaten Cirebon dengan total Rp193 juta itu secara simbolis diserahkan Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Cirebon, KH Aziz Hakim Syaerozie kepada Ketua PWNU Jawa Barat KH Juhadi Muhammad.


Pewarta: Sofhal Adnan


Kabupaten Cirebon Terbaru