• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Jumat, 23 Februari 2024

Kabupaten Bogor

RMI-NU Kabupaten Bogor Serahkan Bantuan Untuk Pesantren dan MWCNU Jasinga dari Danone

RMI-NU Kabupaten Bogor Serahkan Bantuan Untuk Pesantren dan MWCNU Jasinga dari Danone
RMI-NU Kabupaten Bogor Serahkan Bantuan Untuk Pesantren dan MWCNU Jasinga dari Danone
RMI-NU Kabupaten Bogor Serahkan Bantuan Untuk Pesantren dan MWCNU Jasinga dari Danone

Bogor, NU Online Jabar
Sembilan pondok pesantren di Kabupaten Bogor dan satu Kantor Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Jasinga menerima bantuan sumur bor dan sanitasi MCK dari Danone. Penyerahan bantuan tersebut bertempat di Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bogor pada Ahad (4/12 2023).


Ketua Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) Kabupaten Bogor, KH Abdul Basit Mahfuf mengatakan, bantuan Danone akan difokuskan dalam bentuk penyediaan sumur bor dan sanitasi MCK.


"Alhamdulillah, melalui sinergi bersama Serikat Ekonomi Pesantren dan water.org, kami bisa menyalurkan bantuan dari Danone ini," ungkapnya.


Sementara itu, Suistainable Development Director Danone Karyanto Wibowo berterima kasih kepada semua pihak hingga pihaknya bisa merealisasikan bantuan tersebut.


"Sebelumnya, kami juga telah turut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang bertujuan memperbaiki dan meningkatkan kualitas sanitasi air bersih di berbagai tempat. Dan kali ini, kami bersyukur dapat melaksanakannya untuk pesantren di kabupaten Bogor," jelasnya.


Dalam kesempatan yang sama, salah seorang pengurus RMI PBNU Gus Hilmi Shiddiqi Al Arokimengonfirmasi terkait bantuan yang dilakukan oleh Danon tersebut. "Benar, PBNU sudah beberapa kali bekerja sama dengan Danone dalam berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaan, termasuk bantuan untuk Palestina beberapa waktu lalu. Semoga bermanfaat," tuturnya.


Selain itu, Katib Syuriah PCNU Kabupaten Bogor KH Abbas Ma'ruf menjelaskan, bantuan Danone ini diberikan melalui RMI-NU Kabupaten Bogor yang nantinya akan diserahkan kepada 10 penerima manfaat  tersebut melalui berbagai mekanisme, yakni, dimulai dari seleksi administrasi yang dilanjutkan dengan tahapan verifikasi dan validasi lapangan (verval), bimbingan teknis (bimtek),  monitoring dan evaluasi  pelaksanaan (monev), serta terakhir pembuatan laporan kegiatan (LPJ) yang benar dan akuntable.


"Ya itu harus dilaksanakan dengan baik agar bisa menjadi barometer kegiatan yang positif. Dan siapa tahu ke depannya akan bisa  dilanjutkan dengan program bantuan yang lebih besar untuk kemanfaatan pesantren-pesantren di wilayah Bogor," tandasnya.


Perlu diketahui, sebagai simbolis pada acara tersebut Danone menyerahkan toren dan perlengkapan sanitasi MCK lainnya yang diterima oleh Pengurus PC RMI-NU Kabupaten Bogor dan diteruskan kepada 10 penerima manfaat. Adapun sejumlah penerima tersebut tersebar di berbagai kecamatan di Kabupaten Bogor seperti Tenjo, Jasinga, Leuwiliang, Cibungbulang, Ciampea, Parung hingga Jonggol.


Kabupaten Bogor Terbaru