• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Kabupaten Bogor

Masjid Baiturrahman Depag Pabuaran, Terapkan Moderasi Beragama

Masjid Baiturrahman Depag Pabuaran, Terapkan Moderasi Beragama
Masjid Baiturrahman Depag Pabuaran, Terapkan Moderasi Beragama. (Foto: NU Online Jabar/Hakim)
Masjid Baiturrahman Depag Pabuaran, Terapkan Moderasi Beragama. (Foto: NU Online Jabar/Hakim)

Bogor, NU Online Jabar

Bulan Ramadhan beberapa masjid di Kabupaten Bogor selain melakukan salat Tarawih melakukan beberapa kegiatan lain seperti pemberian takjil dan buka bersama pun dilakukan.

 

Seperti halnya di Masjid Baiturrahman yang terletak di Jalan Pabuaran Komplek Departemen Agama (Depag) Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor ini, beberapa kegiatan selama Ramadhan pun dihadirkan bagi para jemaah yang datang.

 

"Kalau untuk kegiatan selama Ramadhan itu sebenarnya sama dengan sebelumnya yaitu melaksanakan kegiatan salat Tarawih bersama," kata Ustadz Luthfi, salah satu takmir Masjid Baiturrahman, Rabu (19/4/2023).

 

Tak hanya itu, Ustadz Luthfi mengungkapkan jika Masjid Baiturrahman sendiri juga melaksanakan kegiatan pembagian takjil dan buka bersama selama Ramdhan, siapapun boleh buka puasa dan boleh menyumbang untuk buka puasa, dan kegiatan pembagian takjil serta buka bersama sendiri memang sudah menjadi kegiatan rutin ketika Ramdhan.

 

"Masjid Baiturrahman membuka tangan bagi siapapun untuk memberikan makanan buka puasa, kami terima baik dari muslim maupun diluar muslim, kami menerapkan masjid sebagai percontohan Moderasi Beragama," jelas Ustadz Luthfi.

 

Menurut ustadz Luthfi, setiap harinya ada kurang lebih 100-150 porsi untuk buka puasa bersama, dan itu berasal dari Masyarakat maupun para donatur lainnya.

 

"Kan yang menikmati bukan hanya warga sekitar, tetapi para pejalan kaki bahkan yang singgah disini kebanyakan dari warga yang pulang dari kerja lalu keburu masuk Maghrib, sehingga mereka mampir dan kami menyiapkan kebutuhan berbuka puasa, lebih sering para jamaah ibu-ibu Muslimat dari kecamatan Bojonggede,” ujarnya.

 

Ketua DKM Masjid Baiturrahman, H Mahadi  berharap kegiatan Ramadhan kali ini bisa menjadi warisan tradisi kebaikan dan bisa terus dikembangkan untuk pengurus berikutnya, juga dapat dicontoh siapa saja.

 

"Saya berharap dengan kegiatan sosial ramadhan tahun ini bisa menjadi contoh untuk masjid lain dan bisa terus dijalankan oleh pengurus DKM berikutnya, selain pembagian ta'jil dan buka puasa bersama, juga kegiatan rutin kajian sebelum buka puasa, pengajian fiqh zakat, Sirah Nabawiyah bagi kalangan pelajar dan juga praktek ibadah lainya,” tandasnya.

 

Pewarta: Hakim hasan

Editor: Agung Gumelar


Kabupaten Bogor Terbaru