Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

JQHNU Kabupaten Bogor Gandeng KOPPIQ Bangun Peradaban dan Kemandirian Ekonomi NU

JQHNU Kabupaten Bogor Gandeng KOPPIQ Bangun Peradaban dan Kemandirian Ekonomi NU
JQHNU Kabupaten Bogor Gandeng KOPPIQ Bangun Peradaban dan Kemandirian Ekonomi NU. (Foto: Abdul Mun'im Hasan).
JQHNU Kabupaten Bogor Gandeng KOPPIQ Bangun Peradaban dan Kemandirian Ekonomi NU. (Foto: Abdul Mun'im Hasan).

 Bogor, NU Online Jabar
Pimpinan Cabang (PC) Jam’iyyatul Qurra wal Hufadz Nahdlatul Ulama (JQHNU) Kabupaten Bogor, Sabtu (18/6), mengadakan kegiatan mambangun peradaban dan kemandirkan ekonomi NU bersama Koperasi Pondok Pesantren Ilmu Al Qur'an (KOPPIQ) di Kantor JQHNU Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Jawa Barat. Kegiatan tersebut digagas dalam rangka menguatkan koordinasi pengurus dan kader NU serta berdoa untuk keselamatan bangsa dan negara Indonesia.


Ketua JQHNU Kabupaten Bogor Gus Hanif mengadakan agenda pertemuan khusus di Sekretariat PC JQH NU. kegiatan ini merupakan bentuk konsolidasi para pengurus dan kader yang bertujuan untuk memudahkan para pengurus JQH agar semua program bisa terealisasi dengan cepat, tepat dan akurat.


"Terima kasih sudah menghadiri undangan, harokah barokah tentunya sudah mendarah daging pada setiap diri kita semua, sehingga kami mengajak agar program kerja SADESHA bisa bergerak dan bermanfaat sampai tingkat desa hingga ke anak ranting paling bawah, jadi buka hanya simbol saja, akan tetapi pergerakan harus ada wujud nyatanya," ujarnya. 


Sementara itu, Katib Syuriah JQHNU Kabupaten Bogor KH. Masyhuri menyatakan usaha apapun jika kita seriuskan akan nampak peningkatan ekonomi baik melalui Usahan Mikro dan Menengah (UMKM) di JQHNU ini.


"Haruslah kita mulai bergerak dari sekarang, kalau tidak kemandirian ekonomi warga NU akan lambat terwujud. Sedangkan legalitas JQHNU Kab. Bogor sudah ada tinggal proses istiqomah kita semua," tutur Pengasuh Pondok Pesantren PIQ Ciomas Bogor. 


Selanjutnya, Kiai yang merupakan menantu dari Almarhum KH Yusuf Djunaedi As-Somadi tersebut mengatakan, jangan pernah lambat dalam bergerak agar JQH NU menjadi pergerakan awal perubahan dan kemandirian ekonomi NU membangun peradaban menuju seabad Nahdlatul Ulama pada waktu dekat ini. 


"Dengan pergerakan bersama disertai dengan jiwa wirausaha akan semakin mempercepat pertumbuhan ekonomi disekitar warga NU dan bermanfaat untuk umat. Dari Sekretariat PC JQH NU Kab. Bogor ini akan terwujud peradaban dan kemandirian NU bersama Koperasi Pondok Pesantren Ilmu Al Qur'an (KOPPIQ) Ciomas," jelasnya.


Menurutnya, konsolidasi JQHNU bersama KOPPIQ ini adalah tempat mobilisasi dan dasar hukum pergerakan ekonomi seluruh warga NU di Kabupaten Bogor untuk mewujudkan kemandirian ekonomi yang sesungguhnya, ini merupakan kesungguhan dalam berekonomi (الجهاد الاقتصادي) untuk segera direalisasikan bersama peningkatan pendidikan Al Qur'an di setiap Desa hingga ke tempat lainnya. 


"Kemandirian Kader NU dalam ekonomi adalah dalam rangka Pengejawantahan asal-usul berdirinya Jam'iyyah NU yaitu Nahdlatutujar  Bangkitnya para Saudagar Muslim Indonesia dari Kiai dan Santri yang hal ini digagas oleh Para Masyayeikh Pendiri  Jam'iyyah Nahdlatul Ulama," tandasnya. 


Sebagai informasi, kegiatan ini dihadiri pengurus JQHNU Kabupaten Bogor, Ketua Koperasi Pondok Pesantren Ilmu Al Qur'an (KOPPIQ) Ustadz Ahmadi, Kader Media Center JQHNU Kabupaten Bogor, Pengurus Ansor Kemang dan Banser serta Peserta Sadesha Jabar Juara. Lalu, acara ditutup dengan doa oleh KH Masyhuri. 


Pewarta : Abdul Mun'im Hasan
​​​​​​​Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

terpopuler

rekomendasi

topik

×