• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 27 Februari 2024

Kabupaten Bandung

Buka PD-PKPNU PWNU Jabar Angkatan 1, KH Juhadi Muhammad Ungkap Pentingnya Kaderisasi

Buka PD-PKPNU PWNU Jabar Angkatan 1, KH Juhadi Muhammad Ungkap Pentingnya Kaderisasi
Ketua Tanfidziyah PWNU Jabar, KH Juhadi Muhammad saat membuka acara PD-PKPNU di Ponpes Wasilatul Huda, Desa Cikuya, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung. (Foto: NU Online Jabar/Abas)
Ketua Tanfidziyah PWNU Jabar, KH Juhadi Muhammad saat membuka acara PD-PKPNU di Ponpes Wasilatul Huda, Desa Cikuya, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung. (Foto: NU Online Jabar/Abas)

Bandung, NU Online Jabar

Maju mundurnya lembaga, termasuk sebuah organisasi terletak pada sejauh mana peran orang-orang di dalamnya mampu membawa perubahan-perubahan yang signifikan. Oleh karena itu, menjadi suatu kewajiban bagi pemegang mandat organisasi untuk senantiasa memberikan asas kebermanfaatan organisasi bagi kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara.

 

Hal itulah yang kemudian dilakukan oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat dengan menggelar Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PD-PKPNU) di Ponpes Wasilatul Huda, Desa Cikuya, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung.

 

Kegiatan PD-PKPNU PWNU Jawa Barat angkatan pertama yang rencananya dilaksanakan selama tiga hari, dari Jumat-Ahad (7-9/10/2022) dihadiri Instruktur PD-PKPNU PBNU, pengurus PWNU, Lembaga maupun Banom PWNU, serta 2 orang perwakilan dari PCNU Kab/Kota se Jawa Barat.

 

Saat membuka acara, Ketua Tanfidziyah PWNU Jabar, KH Juhadi Muhammad mengungkapkan pentingnya kaderisasi di lingkungan NU. Menurutnya, kaderisasi dimaksudkan untuk menjalankan program-program NU. 

 

"Salahsatu untuk menguatkan kerja organisasi NU, maka dibutuhkan kegiatan semacam kaderisasi PD-PKPNU. Jika setiap lembaga belum mengikuti pelatihan PD-PKPNU, maka dikhawatirkan kinerja dari sebuah organisasi atau lembaga tidak kuat dan maksimal," ungkapnya.

 

Ia pun menegaskan bahwa kegiatan PD-PKPNU itu juga sebagai bagian dalam rangka memaksimalkan para pengurus atau siapa saja yang berada di NU dapat menjadi warga NU yang  benar-benar sempurna yang selalu berpegang pada faham Ahlussunnah wal Jamaah.

 

"Diharapkan setelah mengikuti kegiatan PD-PKPNU, maka para pengurus NU yang telah mengikuti PD-PKPNU sudah tentu akan menjadi pengurus NU yang kaffah, mulai dari fikrah, amaliyah, harakah, ghirah, maupun siyasah yang berlandaskan ahlussunnah wal jamaah, termasuk di dalamnya siyasah kebangsaan," tegasnya.

 

Perlu diketahui, kegiatan PD-PKPNU PWNU Jabar Angkatan Pertama ini diisi dengan beberapa materi tentang ke NU an yang sangat prinsip dan fundamental, yakni Aswaja dan NKRI, Anatomi Gerakan Islam dan Sosial, NU Mengelola Titik Balik, Membangun Kemandirian dan Kolaborasi Jamaah dan Jamiyah NU, Menyambungkan Sanad Harakah kepada Muassis NU, serta Arah, Cita-Cita, dan Strategi Perjuangan NU.

 

Pewarta: Rudi Sirojudin Abas
Editor: Agung Gumelar
 


Kabupaten Bandung Terbaru