Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Upaya Bumikan Aswaja Ala Warga NU Desa Bondan

Upaya Bumikan Aswaja Ala Warga NU Desa Bondan
Upaya Bumikan Aswaja Ala Warga NU Desa Bondan. (Foto: Dewi RJ).
Upaya Bumikan Aswaja Ala Warga NU Desa Bondan. (Foto: Dewi RJ).

Indramayu, NU Online Jabar
Warga Nahdliatul Ulama (NU) di Blok Wideng Desa Bondan, Kecamatan Sukagumiwang, Indramayu, menggelar Jamiyyah Kemisan pada Rabu (29/06). Kegiatan yang sudah berjalan rutin setiap Rabu malam kamis selama empat tahun ini bertempat di Yayasan Al-Syarifiyah Bondan.


Rutinan kemisan ini dilakukan oleh warga NU setempat untuk mendoakan tokoh pendahulu dan untuk mendoakan keberkahan murid Madrasah Aliyah Al-Syarifiyah. 


Pengasuh Yayasan Al-Syarifiyah, Gus Wahib, menganggap bahwa ini adalah upaya teologis untuk membantu memudahkan urusan para murid.


''Kemisan ini adalah upaya untuk keberkahan para murid Al-Syarifiyah. Karena pentingnya ridho dan doa para pendidik agar murid menjadi bermanfaat untuk lingkungannya, keridhoan guru akan mengiri langkah para murid dalam hidupnya," ungkapnya. 


Senada dengan Gus Wahib, salah satu jamaah Kemisan, Kusnadi, menambahkan bahwa Kemisan tidak hanya seremonial berupa kelulusan dan lainnya, namun mendoakan murid juga hal yang sangat penting dilakukan. Sebab menurutnya semua hal atas kehendak dan atas izin Allah SWT, maka manusia harus senantiasa berusaha dan berdoa.


Rangkaian kegiatan rutinan jamiyyah ini meliputi pembacaan tahlil, sholawat thibbil qulub, dzikir, dan ditutup dengan doa.


Sekadar untuk diketahui, Yayasan Al-Syarifiyah adalah  pondok pesantren Nahdlatul Ulama yang berada di Blok Wideng Desa Bondan Kecamatan Sukagumiwang. Sebagai pondok pesantren NU, Al-Syarifiyah masih konsisten dalam membumikan paham Aswaja di lingkungan setempat. 


Pewarta: Dewi Raudlatul Jannah
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Indramayu Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×