Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Kemenag dan PCNU Indramayu Gelar Doa Bersama untuk Keselamatan Jamaah Haji Indonesia

Kemenag dan PCNU Indramayu Gelar Doa Bersama untuk Keselamatan Jamaah Haji Indonesia
Kemenag dan PCNU Indramayu Gelar Doa Bersama untuk Keselamatan Jamaah Haji Indonesia. (Foto: Ma'mun Rahman).
Kemenag dan PCNU Indramayu Gelar Doa Bersama untuk Keselamatan Jamaah Haji Indonesia. (Foto: Ma'mun Rahman).

Indramayu, NU Online Jabar
Kantor Kementerian Agama (Kemenag) dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) serta Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Indramayu menggelar Mujahadah dan Doa Bersama di Gedung Pusat Dakwah PCNU Kabupaten Indramayu, pada Selasa (5/7) malam. Kegiatan ini ditujukan dalam rangka mendoakan keselamatan dan kelancaran ibadah jamaah haji Indonesia khususunya jamaah haji asal Indramayu.


Ketua Tanfidziyah PCNU Indramayu, KH M. Mustofa berayukur, dirinya bisa bersilaturahim di tempat yang barokah, sekaligus berdoa bersama bermunajat kepada Allah SWT. Menurutnya, dengan munajat dari (dalam) bumi akan dimunculkan dari langit akan diturunkan nikmat-nikmat, baik nikmat ekonomi maupun nikmat sosial yakni nikmat pertemanan, nikmat persahabatan.


"Kita berupaya agar kebersamaan menjadi punggawa dan kekuatan dalam membangun Indramayu," katanya.


Kiai Mustofa juga menuturkan bahwa doa bersama harus sakral, karena sedang berupaya agar doa kita diterima Allah SWT. Ia menambahkan pahala silaturahim juga lebih besar. Karena dengan silaturahim, yang sulit akan dimudahkan, yang jauh akan didekatkan dan yang krusial akan bisa diurai.


Dengan silaturahim, sambungnya, kita akan merasakan kebersamaan, tidak (memandang) ada perbedaan, tidak (memandang) ada kejelekan (sesama kita), yang dirasakan adalah kebersamaan. Ia menambahkan, dengan kebersamaan ini, diharapkan agar jamaah Haji Indramayu yang sedang berada di Makkah selalu mendapatkan kesehatan, keberkahan dan kemanfaatan, serta menjadi Haji yang mabrur.


"NU hari ini saya namai NU REBORN karena harus bergerak cepat, tepat, akurat dalam mengatasi masalah keumatan. Pengurus NU harus siap menjadi Khodimul ummat, khidmah pada ummat, khidmah pada jamiyah dan khidmah pada jamaah. NU hari ini sudah on (siap) semua dalam menjalankan pengkhidmatan keummatan," pungkas Kiai Mustofa.


Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Indramayu, H Hanif Hanafi menyampaikan ada tiga tujuan Mujahadah dan Doa bersama  ini. Yang pertama, mendoakan jamaah haji Indonesia yang sudah berkumpul di kota Mekkah, bisa melaksanakan Rukun & Wajib dan selalu diberi kesehatan dan keselamatan.


Kedua, mendoakan kesehatan dan kesejahteraan seluruh Warga Indramayu setelah melalui masa pandemi. Serta Ketiga, mendoakan para petugas haji baik TPHI, TPIHI, TKHI dan Petugas Non Kloter agar diberikan kekuatan dalam melayani Jamaah haji yang tahun ini hanya 54% (dari biasanya).


Menurutnya Indeks Kepuasan Jamaah terhadap pelayanan Haji tahun 2019 sebesar 86% agar bisa ditingkatkan. Ia juga menambahkan jamaah haji Indonesia terkenal sebagai jamaah yang santun dan tertib.


"Saya juga sudah berpesan kepada jamaah haji Indramayu agar bisa membawa nama baik Indramayu dan Indonesia. Hari ini menjelang pelaksanaan rangkaian ibadah di ARMUZNA, kita doakan agar para Jamaah Haji bisa menjalankannya dengan baik dan pulang nanti mendapatkan Haji yang Mabrur," terang Hanafi.


Sebagai informasi, hadir pula dalam kegiatan tersebut Rais Syuriyah PCNU Indramayu, KH Ahmad Baidhowi Bilal yang bertindak memimpin doa bersama dengan Istghotsah.


Pewarta: Ma'mun Rahman
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Indramayu Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×