Hari Arafah merupakan hari ke-9 bulan Dzulhijjah. Bulan ini adalah salah satu dari empat bulan yang Allah muliakan, yang disebut "Asyhurul Hurum." Pada bulan Dzulhijjah, terdapat dua peristiwa besar dalam agama Islam, yaitu Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban, dan pelaksanaan ibadah haji. Puncak ibadah haji terjadi pada tanggal 8-9 Dzulhijjah, yang dikenal dengan Hari Tarwiyah dan Hari Arafah.
Pada puncak ibadah haji tersebut, umat Muslim yang tidak melaksanakan ibadah haji disunnahkan untuk berpuasa.
Penamaan Hari Arafah
Puncak ibadah haji terjadi pada tanggal 8-9 Dzulhijjah yang disebut sebagai hari Tarwiyah dan Arafah. Hari Aarafah yaitu hari dimana jamaah haji melaksanakan ibadah wukuf. Ibadah wukuf tersebut dilaksanakan di Padang Arafah atau gunung Arafah. Selain itu, Padang Arafah juga dikenal sebagai Gunung Kasih Sayang (Jabal Rahmah), tempat pertemuan Nabi Adam AS dan Siti Hawa setelah terpisah selama ratusan tahun.
Ibadah Wukuf di Padang Arafah merupakan salah satu rukun haji yang wajib dilaksanakan. Prosesi wukuf, yang berarti "berhenti", dimaknai sebagai berhenti dari segala urusan dunia dan merenungkan keesaan Allah SWT.
Lebih lanjut mengenai penamaan hari Arafah, mengutip tulisan Ustadz Sunnatullah pada laman NU Online menyebut ada banyak pandangan ulama mengenai alasan di balik penamaan hari tersebut dengan Arafah.Â
Imam Fakhruddin Ar-Razi dalam kitabnya berjudul Mafatihul Ghaib menguraikan delapan pandangan mengenai penamaan tersebut.Â
1. Pertemuan Nabi Adam dan Sayyidah HawaÂ
Dijelaskan, bahwa hari itu merupakan momentum dipertemukannya dua pasangan suami istri yang sudah bersama dalam surga kemudian diusir ke dunia, dan akhirnya oleh Allah pada hari itu dipertemukan di Arafah, Makkah, yaitu pertemuan Nabi Adam as dengan Sayyidah Hawa. Dengan pertemuan itu, keduanya menjadi tahu (arafa) antara satu dengan lainnya.
2. Nabi Adam mengetahui cara hajiÂ
Di hari yang sama, Malaikat Jibril mengajarkan tatacara melakukan ibadah haji pada Nabi Adam as. Ketika sampai di tanah Arafah, Jibril berkata kepadanya, âApakah engaku sudah tahu?â Nabi Adam as menjawab, âIya, tahu.â Â Dari situ, hari tersebut dikenal dengan hari Arafah (tahu).Â
3. Nabi Ibrahim mengetahui kebenaran mimpinyaÂ
Di hari kesembilan Dzulhijjah ini, Nabi Ibrahim as mengetahui (Arafah) kebenaran mimpi menyembelih putranya Ismail, yang ia alami dan membingungkan itu.Â
4. Nabi Ibrahim mengetahui cara hajiÂ
Pada hari itu, Malaikat Jibril mengajarkan tentang tata cara melaksanakan ibadah haji kepada Nabi Ibrahim as, dan membawanya menuju Arafah. Sesampainya di sana, Jibril bertanya, âApakah engkau tahu tentang cara thawaf dan di mana tawaf dilakukan?â Nabi Adam as menjawab, âIya, tahu.â
5. Nabi Ibrahim menemui Siti Hajar dan Nabi IsmailÂ
Nabi Ibrahim as pergi menuju Syam dan meninggalkan anaknya Nabi Ismail as dan Istrinya Sayyidah Hajar di Makkah. Mereka tidak pernah bertemu selama beberapa tahun. Kemudian oleh Allah mereka dipertemukan tepat pada hari Arafah.
6. Nabi Ibrahim mimpi menyembelih putranyaÂ
Hari itu diberi nama Arafah karena adanya peristiwa mimpi Nabi Ibrahim as untuk Menyembelih putranya Nabi Ismail as, sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya.Â
7. Orang Haji menamai ArafahÂ
Ada juga pandangan yang menyebut bahwa pada hari itu orang-orang yang sedang melakukan ibadah haji menamainya dengan kata Arafah ketika berhenti di tanah Arafah.
8. Orang haji diberitahu dapat ampunan dan rahmatÂ
Karena pada hari itu Allah memberitahukan (yataâarrafu) dan memberikan kabar gembira kepada orang-orang yang sedang melaksanakan ibadah haji dengan ampunan (maghfirah) dan rahmat.Â
Selain pandangan di atas, ada juga yang mengatakan Arafah diambil dari kata iâtiraf (pengetahuan). Hal ini mengingat pada hari Arafah, umat Islam mengetahui dan membenarkan al-Haqq (Allah) sebagai satu-satunya Dzat yang harus disembah, Allah merupakan Dzat Yang Agung.Â
Di samping itu, ada juga ulama yang berpendapat bahwa Arafah diambil dari kata âarafa yang mempunyai makna bau yang harum. Hal ini berarti, dengan melaksanakan ibadah haji di Arafah, menunjukkan bahwa orang ingin bertobat kepada-Nya, melepas semua kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan, dan menghindar dari perbuatan dosa.Â
Hal ini sejalan dengan firman Allah swt dalam Surat Al-Qur'an surat Muhammad ayat 6, âDan memasukkan mereka ke dalam surga yang telah diperkenankan-Nya kepada mereka.âÂ
Dijelaskan Ar-Razi, bahwa ayat di atas berarti orang-orang yang berdosa ketika bertobat di tanah Arafah, sungguh mereka telah terlepas dari kotoran-kotoran dosa, dan berusaha dengan (ibadah)-nya di sisi Allah  sehingga akan menjadi jiwa yang harum (terbebas dari dosa dan kesalahan).
Â
Terpopuler
1
Innalillahi, Pimpinan Pesantren Manuk Heulang Tasikmalaya Ajengan Mimih Haeruman Wafat
2
Ketua PCNU Pangandaran Ajak Umat Maknai Idul Adha dengan Kepedulian Sosial
3
Idul Adha 1446 H, DKM Musholla Nurul Hidayah Sembelih Hewan Kurban Sebanyak 1,1 Ton
4
Pesantren Al-Hamidiyah Depok Gelar Takbir Keliling, Meriahkan Idul Adha dengan Kreativitas Santri
5
Rutin Gelar Istighotsah Reboan dan Silaturahmi, PCNU Bogor Perkuat Soliditas Jamâiyyah
6
Kebahagiaan Menunaikan Ibadah Haji dan Umrah
Terkini
Lihat Semua