Home Nasional Warta Adrahi Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Hidup Ini Amanah

Hidup Ini Amanah
Ilustrasi: NUO
Ilustrasi: NUO

Setiap hari yang kita jalankan dalam hidup ini adalah amanah. Tidak ada yang lain dari itu, apapun status dan profesi kita. 


Amanah itu berkaitan erat dengan kepercayaan pihak lain (terhadap seseorang)  atas amaliyahnya, dan memastikan semua terdeliver atau tersampaikan atau terlaksana sesuatu yang seharusnya.


Pemimpin misalnya, di semua level, mereka disebut sebagai orang yang menjalankan amanah rakyat atau umat. Sehingga keberhasilan ditentukan seberapa amanah itu dijalankannya, atau amanah itu deliver di tangan pemimpin tersebut.


Kita sebagai manusia terhadap Tuhan, juga mengemban amanah. Amanah itu berupa ibadah. Karena kita diciptakan untuk ibadah.  Maka, manusia dalam konteks ini disebut amanah kalau menjalankan ibadah sesuai tuntutan agama, bukan tuntutan partai, atau kelompok tertentu. 


Dalam menjalankan amanah itu, akal kita akan mencari jalan untuk menuntaskan kepentingan amanah itu, atau bisa jadi untuk kepentingan diri sendiri atau kelompok saja. Akal dapat menemukan berbagai cara untuk kepentingan itu. Namun hati yang akan mengarahkan penerima amanah untuk sampai pada amanah yang diemban. 


Akal kita bisa saja menimbang dan mengkalkulasi berbagai kemungkinan dalam menjalankan amanah. Jika berkesesuaian, maka hati yang mendukung dan menuntunnya. 


Nadirsyah HosenRais Syuriah PCINU Australia-New Zealand dan Dosen Senior Monash Law School

Terkait

Hikmah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×