Home Nasional Warta Adrahi Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Buya Zainudin Maksum Ali Ungkap Pola Hidup Sehat Ala Rasulullah Saw

Buya Zainudin Maksum Ali Ungkap Pola Hidup Sehat Ala Rasulullah Saw
Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Depok, Buya Zainudin Maksum Ali (Foto: Mun'im-NUJO)
Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Depok, Buya Zainudin Maksum Ali (Foto: Mun'im-NUJO)

Depok, NU Online Jabar 
Sehat merupakan dambaan setiap insan, dengan sehat segala aktivitas dan nikmat tiada tara dapat dirasakan sehingga dalam munajat doa yang sering dibacakan imam setelah memohon keselamatan agama, maka yang setelahnya adalah sehat wal afiat pada jasad. 

 

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ


“Ya Allah kami memohon kepada-Mu atas keselamatan agamaku, kesejahteraan/kesegaran pada tubuhku.”


Menjadi wasilah bagi manusia dengan nikmat sehat wal afiat dan digunakannya untuk beribadah kepada Allah SWT. Maka pastilah akan selamat dunia dan akhirat. 


Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Depok, Buya Zainudin Maksum Ali memberikan kiat sehat ala Rasulillah Saw. Pertama, dengan berhenti makan sebelum kenyang. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw: 


نحن قوم لا نأكل حتى نجوع وإذا أكلنا لا نشبع


“Kita (kaum muslimin) adalah kaum yang hanya makan bila lapar dan berhenti makan sebelum kenyang.“


Penelitian modern juga menunjukkan bahwa makan secara cukup (tidak berlebihan) juga berdampak bagi umur seseorang. Penemuan Kalluri Suba Rao, ahli biologi melekuler membuktikan, makan sedikit memungkinkan tubuh untuk lebih berkonsentrasi memperbaiki dirinya sendiri, sehingga kegiatan perbaikan DNA, membuang zat-zat toksin keluar tubuh, dan regenerasi sel-sel rusak dengan sel sehat dapat berlangsung lebih optimal.


Kedua, tidak langsung minum setelah makan. Buya Zainudin selalu menyampaikan bahwa jangan langsung minum setelah makan. Ia menyarankan untuk menunggu 5-15 menit kemudian agar meringankan kerja lambung. 


“Hal itu karena ketika tubuh mencerna makanan, ada proporsi cairan yang perlu dijaga agar tetap seimbang. Jika langsung minum setelah makan, hal yang dikhawatirkan adalah keseimbangan proporsi tersebut bisa terganggu. Apalagi butuh waktu dua jam agar makanan yang di konsumsi dapat dicerna dengan baik oleh tubuh,” tuturnya, 


Meski sudah menginjak usia 80 tahun, namun Buya Zainudin nampak terlihat segar bugar karena mengamalkan sunnah dari kanjeng Nabi Muhammad Saw. Yang segala perkataannya adalah wahyu dari Allah Swt, dan sunnahnya adalah kemanfaatan untuk kita selaku umatnya. 

 

Pewarta: Abdul Mun'im Hasan
Editor: Agung Gumelar

Hikmah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×