• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Garut

Hadiri Istighotsah Jelang UAS MTs Darul Fitri, Sekretaris MWCNU Leles Garut Ungkap Dua Makna Ujian

Hadiri Istighotsah Jelang UAS MTs Darul Fitri, Sekretaris MWCNU Leles Garut Ungkap Dua Makna Ujian
Hadiri Istighotsah Jelang UAS MTs Darul Fitri, Sekretaris MWCNU Leles Garut Ungkap Dua Makna Ujian
Hadiri Istighotsah Jelang UAS MTs Darul Fitri, Sekretaris MWCNU Leles Garut Ungkap Dua Makna Ujian

Garut, NU Online Jabar
Dalam rangka mengadapi ujian akhir sekolah (UAS) semester 1, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Fitri Leles Kabupaten Garut menggelar kegiatan istighotsah yang bertempat di Masjid Besar Kecamatan Leles, Sabtu (2/12/2023). Kegiatan istighotsah tersebut menjadi kegiatan yang rutin digelar oleh pihak madrasah manakala mendekati momem-momen penting dalam kegiatan kemadrasahan yang dihadiri oleh staf pengajar dan ratusan siswa MTs Darul Fitri Leles.


Hadir pula dalam kesempatan tersebut sekretaris Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Leles Kang Rudi Sirojudin Abas. Ia menjelaskan pentingnya peserta didik untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian.


Menurutnya, setiap ujian, apapun bentuknya di hadirkan Allah SWT untuk mengukur kompetensi seseorang. 


Rudi mengutip QS al-Anbiya ayat 35


كُلُّ نَفْسٍ ذَاۤىِٕقَةُ الْمَوْتِۗ وَنَبْلُوْكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً ۗوَاِلَيْنَا تُرْجَعُوْنَ 


Artinya: "Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami." (QS al-Anbiya [21]: 35). 


"Janganlah kita lupakan, bahwa sesungguhnya kita hidup di dunia ini pasti akan di uji oleh Allah SWT dengan sebuah ujian. Termasuk kalian sebagai siswa madrasah akan diuji dengan pelajaran-pelajaran yang telah diajarkan para guru. Apakah akan mendapatkan hasil yang menggembirakan atau sebaliknya. Oleh karena itu persiapkanlah setiap ujian dengan sebaik mungkin," ucap Kang Rudi kepada NU Online Jabar, Sabtu (2/12/2023).


Lebih lanjut pria yang juga sebagai kontributor NU Online Jabar itu menyampaikan dua hal terkait dengan makna ujian.


Pertama, ujian dihadirkan Allah yakni untuk mengangkat derajat atau kompetensi seseorang. Ia mengutip QS al-Mujadilah ayat 11


... يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ


Artinya: ..."Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti terhadal apa yang kamu kerjakan." (QS al-Mujadilah [58]: 11). 


"Orang yang ingin mendapatkan hasil yang baik dalam setiap ujian, maka orang itu akan mempersiapkannya dengan sebaik-baiknya. Saya yakin, insya Allah jika ada seorang murid yang rajin belajar setiap hari, pandai bertanya kepada guru, sering menghapal, maka ketika  setelah mengikuti ujian akan mendapatkan nilai terbaik, dimisalkan rangking pertama, kedua, dan ketiga. Namun sebaliknya, jika ada siswa yang tidak belajar, tidak mempersiapkan sama sekali akan ada ujian, maka boleh jadi dia akan mendapatkan nilai yang tidak diinginkan. Bisa saja nilai atau peringkatnya paling rendah. Inilah kiranya tujuan ujian dihadirkan oleh Allah kepada manusia sebagai penentu tinggi rendahnya derajat kemampuan seseorang," jelas Kang Rudi. 


Kedua, ujian menurut Kang Rudi dihadirkan Allah kepada manusia sebagai penegas kebaikan atau keburukan seseorang. Ia mengutip QS al-Kahfi ayat 7 


إِنَّا جَعَلْنَا مَا عَلَى ٱلْأَرْضِ زِينَةً لَّهَا لِنَبْلُوَهُمْ أَيُّهُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا


Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang di bumi sebagai perhiasan baginya, agar Kami menguji mereka siapakah di antara mereka yang terbaik perbuatannya." (QS al-Kahfi [18]: 7). 


Sebagai informasi, istighotsahan tersebut dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan pembiasaan warga madrasah MTs Darul Fitri Leles yakni tadarus Al-Qur'an dan shalat sunat Dhuha setiap menjelang kegiatan pembelajaran dimulai. MTs Darul Fitri sendiri merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam formal pertama dan tertua di Kecamatan Leles kabupaten Garut yang berdiri pada tahun 1985.


Garut Terbaru