• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Sabtu, 13 April 2024

Cianjur

Pesantren Binaumma Tebuireng 6 Jadi Tempat Diklatsar Banser Cikalongkulon Cianjur

Pesantren Binaumma Tebuireng 6 Jadi Tempat Diklatsar Banser Cikalongkulon Cianjur
Pesantren 'Atta Halilintar' Tebuireng 6 Jadi Tempat Diklatsar Banser Cikalongkulon Cianjur
Pesantren 'Atta Halilintar' Tebuireng 6 Jadi Tempat Diklatsar Banser Cikalongkulon Cianjur

Cianjur, NU Online Jabar
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kecamatan Cikalongkulon menggelar Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Barisan Ansor Serba Guna (Banser) angkatan 1 di Pondok Pesantren Binaumma Tebuireng 6, Kampung Cipada, Desa Mekargalih, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Jumat-Ahad (27-29/01). Kegiatan dengan bertemakan Melahirkan Militansi Kader yang Millineal dalam Meneguhkan Ajaran Islam Ahlusunah Waljamaah Annahdliyyah dan NKRI tersebut dihadiri oleh pengurus GP Ansor Cianjur, Satkorcab Banser Cianjur, MWCNU Cikalongkulon, KUA, MUI, Polsek, Koramil, lembaga, badan otonom NU, dan tamu undangan dilingkungan Cianjur.


Kasatkoryon Banser Cikalongkulon, Asep Geni Ginayah menyampaikan pentingnya Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) bagi para calon anggota Barisan Ansor Serba Guna atau Banser. "Jadi sebelum terjun berkhidmat ke masyarakat, maka perlu dilakukan pelatihan dasar secara intensif melalui Diklatsar," ucap Asep menerangkan.


Hal senada disampaikan Ketua GP Ansor Cikalongkulon, Eko Prasetyo yang mengatakan bahwa Diklatsar Banser yang diikuti 57 peserta ini merupakan yang pertama dilakukan tahun 2023 di Kecamatan Cikalongkulon, yang sebelumnya Banser fokus membantu para korban gempa dalam mengevakuasi, renovasi, dan rehabilitasi.


"Dengan terlaksananya Diklatsar Banser angkatan ke-1 ini kita berharap terciptanya kader yang militan dan intelek dalam segala aspek yang mampu menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara," katanya kepada NU Online Jabar.


Sementara itu Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser Kabupaten Cianjur, Dede Badri yang akrab dipanggil kang Deba menegaskan bahwa Diklatsar Banser ini harus terus digalakkan, dalam upaya melakukan antisipasi, mengingat Cianjur termasuk daerah zona rawan bencana.


"Saya mengapresiasi kesigapan sahabat-sahabat Banser dalam melakukan pengawalan Kiai dan kegiatan NU. Termasuk setiap ada bencana seperti bencana gempa, longsor dan banjir di beberapa lokasi di Cianjur, Banser diterjunkan untuk membantu para korban dalam melakukan evakuasi, rehabilitasi dan rekontruksi pasca bencana," imbuhnya.


Sebagai informasi, Pondok Pesantren "Atta Halilintar" Tebuireng 6 disebut demikian karena bangunannya didanai oleh artis sekaligus youtober Indonesia Atta Halilintar dan dikelola oleh KH Khoerul Falah, alumni lulusan Tebuireng Jombang Jawa Timur. Dalam acara penutupan dan baiat dihadiri langsung oleh Ketua PCNU Kabupaten Cianjur, Kiai Deden Usman Ridwan, Ketua MWC NU Cikalongkulon, KH Cecep Ridwan, dan Kepala KUA Kecamatan Cikalongkulon, H. Rian Fauzi.


Pewarta: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi


Cianjur Terbaru