• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Rabu, 24 April 2024

Bandung Barat

LPBINU Jabar Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir dan Longsor di Cibenda

LPBINU Jabar Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir dan Longsor di Cibenda
Ketua LPBINU Jabar menyerahkan bantuan untuk korban banjir dan longsor di desa cibenda secara simbolis. (Foto: NU Online Jabar)
Ketua LPBINU Jabar menyerahkan bantuan untuk korban banjir dan longsor di desa cibenda secara simbolis. (Foto: NU Online Jabar)

Bandung, NU Online Jabar
Banjir dan longsor yang menerjang Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat pada tanggal 23 Maret 2024 telah menyisakan duka yang dalam. 


Ratusan hektar sawah dan lahan masyarakat rusak parah, puluhan rumah mengalami kerusakan dari mulai tingkat ringan hingga rusak berat. Fasilitas publik seperti pesantren dan musholla turut hancur dan mengalami rusak berat. 


Sementara korban jiwa yang sudah ditemukan 7 orang dan 3 orang lain masih dinyatakan hilang. Merespons peristiwa tersebut, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Jawa Barat turut berpartisipasi dengan menyalurkan sejumlah bantuan logistik.


Melalui gerakan NU Care LAZISNU Jawa Barat, Ketua LPBINU Jawa Barat Dadang Sudardja bersama Sekretaris Muhammad Hiqal Fahrurozi mewakili NU Care LAZISNU Jawa Barat mengirimkan bantuan. 


Bantuan tersebut antara lain pempers untuk orang dewasa dan anak-anak, Hygiene Kit berupa sabun cuci, sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi, makanan untuk bayi, ikan sarden kaleng dan minum pulpy. 


Bentuan tersebut langsung diterima oleh petugas posko dengan disaksikan oleh kepala Desa Cibenda.


“Bantuan ini merupakan bentuk solidaritas antar sesama dan sudah menjadi kewajiban kita semua. Walaupun tidak banyak, bantuan ini sangat bermanfaat dalam membantu keperluan para penyintas yang sampai hari ini sekitar 517 orang masih tinggal di pengungsian,” ujar Ketua LPBINU Jabar, Dadang Sudardja, Jumat (28/3/2024).


Dadang mengatakan, pihaknya juga terus berupaya untuk ikut andil dalam pemulihan kondisi pasca bencana termasuk berpartisipasi dalam kegiatan pencarian dan Pertolongan (SAR).


Bandung Barat Terbaru