• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Rabu, 24 April 2024

Depok

NU Depok Bersama Makara UI Rajut Kebersamaan melalui Tadarus Budaya Ramadhan

NU Depok Bersama Makara UI Rajut Kebersamaan melalui Tadarus Budaya Ramadhan
NU Depok Bersama Makara UI Rajut Kebersamaan melalui Tadarus Budaya Ramadhan
NU Depok Bersama Makara UI Rajut Kebersamaan melalui Tadarus Budaya Ramadhan

Depok, NU Online Jabar
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Depok bersama Makara Art Center Universitas Indonesia (UI) menggelar acara dialog budaya yang mengusung tema ‘Tadarus Budaya Ramadhan.’ Acara tersebut diselenggarakan di halaman Kantor PCNU Kota Depok, Kali Mulya, Cilodong, pada Selasa (27/3/24).


Dalam acara tersebut, berbagai kegiatan budaya telah diselenggarakan, termasuk konser Ki Ageng Ganjur yang berhasil menghipnotis penonton dengan lantunan musik religi serta lagu-lagu hits saat ini. Beberapa artis ternama seperti Sarah Saputri, Budi Cilok dengan lagu dari Iwan fals, hingga Abel Firdausi, seorang saxophonist muda yang juga santri, turut memeriahkan acara tersebut.


Kepala Makara Art Center UI, Dr. Ngatawi Al-Zastrouw, menjelaskan bahwa Tadarus Budaya Ramadhan merupakan bagian dari serangkaian kegiatan syiar Ramadhan dari Universitas Indonesia. Kegiatan serupa juga telah diselenggarakan di dalam dan di luar kampus UI, seperti di Depok, Cirebon, Cilacap, dan Gunung Kidul.


“Kami menyelenggarakan acara di luar kampus sebagai bentuk perhatian terhadap gerakan kebudayaan kampus UI. Kami akan mengeksplorasi seni tradisional yang ada di Nusantara,” ujarnya usai acara.


Menurutnya, seni memiliki peran penting bagi umat Islam Nusantara sebagai sarana untuk menyampaikan pesan-pesan ajaran agama dengan cara yang indah dan mudah diterima. Seni juga menjadi instrumen untuk menjalankan misi merajut keberagaman dan perbedaan.


“Kita menggali dan memperkuat tradisi sebagai sarana untuk mengajarkan Islam agar memiliki wajah dan rasa yang indah,” tambahnya.


Ketua PCNU Kota Depok, KH. Achmad Solechan, menyatakan bahwa Tadarus Budaya Ramadhan merupakan bagian dari upaya untuk mengasah rasa dan kepekaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Melalui penguatan tradisi dan budaya, seperti seni musik religi dan sholawatan, diharapkan pesan Islam Rahmatan Lil Alamin dapat tersebar dengan baik.


“Melalui pendekatan budaya, kita bisa masuk tanpa terhalang oleh etnis, suku, atau agama dalam Bhinneka Tunggal Ika,” jelasnya.


Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri, mengapresiasi kegiatan Tadarus Budaya Ramadhan yang diinisiasi oleh PCNU Kota Depok. Ia berharap agar kegiatan semacam ini dapat terus diselenggarakan di Kota Depok sebagai upaya untuk memperkuat persatuan.


“Kami ucapkan terima kasih kepada PCNU Kota Depok atas penyelenggaraan kegiatan yang luar biasa ini. Semoga kita bisa terus bersinergi dan berkolaborasi dalam membangun Kota Depok,” ujarnya.


Meskipun diguyur hujan, Supian Suri beserta sejumlah tokoh penting dari berbagai lapisan masyarakat tetap setia menikmati konser musik dari awal hingga akhir acara. Kebersamaan dalam acara Tadarus Budaya Ramadhan telah memperkuat semangat persaudaraan dan keberagaman di Kota Depok.


 


Depok Terbaru