Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Garut

KH Juhadi Muhammad Sebut Kaderisasi Teguhkan Nahdliyin dalam Ber-NU

KH Juhadi Muhammad Sebut Kaderisasi Teguhkan Nahdliyin dalam Ber-NU

Garut, NU Online Jabar
Kaderisasi di tubuh kepengurusan Nahdlatul Ulama (NU) merupakan suatu kebutuhan. Karena dengan kaderisasilah para pengurus dapat memetakan tantangan, peluang, dan potensi warga nahdliyin.


Itulah salah satu hal yang diungkapkan oleh Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat KH Juhadi Muhammad saat membuka kegiatan Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PD-PKPNU) Kabupaten Garut angkatan 1 yang bertempat di Pondok Pesantren Fauzan Sukaresmi Garut, Kamis (5/01).


Kiai Juhadi juga mengungkapkan bahwa kaderisasi merupakan salah satu bagian untuk meneguhkan atau meyakinkan warga nahdliyin dalam ber NU.


Baca Juga:
Hadiri Penutupan PD-PKPNU Kota Bekasi, Rais Syuriah PWNU Jabar: Nahdliyin Harus Ajeg Pertahankan Empat Pilar Kebangsaan


"Kaderisasi di tubuh NU itu menjadi suatu kebutuhan. Karena kalau seseorang atau pengurus itu belum pernah mengikuti PD-PKPNU, maka saya yakin setiap pengurus dimanapun dan bagaimanapun posisinya tidak akan tahu NU yang semestinya," ungkapnya.


Kiai Juhadi berharap, para peserta PD-PKPNU apabila telah selesai mengikuti kegiatan kaderisasi agar tidak tinggal diam. Utamanya, lulusan PD-PKPNU dapat menggerakan warga nahdliyin keseluruhan dari berbagai situasi dan kondisi apapun.


"Yang harus tertanam dalam hati ibu/bapak sebagai peserta PD-PKPNU adalah adanya keinginan untuk menggerakan, memetakan sejumlah potensi, terutama potensi warga nahdliyin," harapnya.


Baca Juga:
Shalawat Syifa: Arab dan Terjemahan Lengkap dengan Keutamaan Membacanya


Selain itu, Pimpinan Pondok Pesantren Hidayatuttholibiin tersebut juga menuturkan apabila para pengurus atau warga nahdliyin sudah melaksanakan apa yang ada dalam PD-PKPNU, maka akan menjadi suatu barisan yang kuat.


"Tidak seperti sekarang, meskipun warga nahdliyin itu mayoritas banyak, namun untuk dijadikan satu barisan sangat susah sekali. Oleh karena itu, jika barisan belum kuat, maka sebagus apapun program kalau tidak dibarengi dengan kerja keras akan sangat sulit untuk diwujudkan. Salah satu alternatifnya yaitu dengan adanya kaderisasi." tegasnya.


Perlu diketahui, bahwa kegiatan PD-PKPNU PCNU Kabupaten Garut angkatan 1 ini merupakan realisasi instruksi dari PD-PKPNU PWNU Jabar angkatan 1 yang telah dilaksanakan pada Oktober 2022 lalu serta sebagai realisasi dari amanat Peraturan Perkumpulan Nahdlatul Ulama.


Baca Juga:
Agama itu Apa?


Hadir dalam acara pembukaan PD-PKPNU Kabupaten Garut angkatan 1 yakni Rais Syuriah PCNU Garut KH Rd Amin Muhyiddin Maulani, Ketua Tanfidziyah PCNU Garut Drs KH Atjeng Abdul Wahid, para Dewan Instruktur Nasional Kaderisasi PBNU, serta ratusan peserta dari berbagai pengurus lembaga dan banom PCNU/MWC, pengurus MWC, serta Ranting NU se-kabupaten Garut.


Pewarta: Rudi Sirojudin Abas
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

M. Rizqy Fauzi
Editor: M. Rizqy Fauzi

Artikel Terkait