• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 18 Juni 2024

Sumedang

LP Ma’arif NU Sumedang Gelar Seminar Penguatan Keaswajaan dan Ke NU-an untuk Kepala Sekolah dan Madrasah

LP Ma’arif NU Sumedang Gelar Seminar Penguatan Keaswajaan dan Ke NU-an untuk Kepala Sekolah dan Madrasah
Seminar Penguatan Keaswajaan dan Ke-NUan untuk Kepala Sekolah dan Madrasah, LP Ma'arif NU Sumedang
Seminar Penguatan Keaswajaan dan Ke-NUan untuk Kepala Sekolah dan Madrasah, LP Ma'arif NU Sumedang

Sumedang, NU Online Jabar
Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Sumedang menggelar seminar penguatan keaswajaan dan ke-NUan untuk kepala sekolah dan madrasah di wilayah Kabupaten Sumedang. Acara ini dilaksanakan pada Sabtu (27/4/24) di Hotel Hanjuang Hegar Cimalaka, Kabupaten Sumedang.


Ketua LP Ma’arif NU Jawa Barat, Hj Ifa Faizah Rohmah, membuka acara tersebut secara langsung. Dalam sambutannya, Teh Ifa, sapaan akrabnya, menyampaikan empat pesan penting. Dia menekankan pentingnya kolaborasi dan kerjasama antar unit sekolah Ma'arif serta Kader Bimbingan Nahdlatul Ulama (KBNU). 


Teh Ifa juga menyoroti pentingnya memberikan kepercayaan kepada masyarakat terkait jaminan kualitas lulusan Sekolah Ma’arif NU. Selain itu, dia menekankan perlunya peningkatan kualitas kompetensi guru, terutama dalam bidang Al-Quran dan lainnya. Terakhir, Teh Ifa menegaskan pentingnya konsistensi dalam mengawal Kurikulum Aswaja sebagai keunggulan Ma’arif.


Selain penyampaian pesan, Teh Ifa juga memperkenalkan buku ajar Aswaja versi Jawa Barat dan memberikan arahan tentang pembentukan Satuan Tugas Anti Bullying di Sekolah Ma’arif.


"Tentunya, LP Ma’arif berkomitmen untuk menjadi garda terdepan dalam upaya pencegahan bullying dengan membentuk Satgas Khusus yang melibatkan stakeholder dari berbagai pihak, termasuk siswa. Kami juga akan memberikan edukasi dan melakukan penilaian terhadap kesiapan sekolah madrasah menjadi ramah anak," ujarnya.


LP Ma’arif Jawa Barat memiliki empat agenda besar dalam waktu dekat. Pertama, mereka akan melakukan penilaian implementasi Kurikulum Aswaja sebagai syarat untuk mendapatkan Nomor Statistik Ma’arif dan mengajukan bantuan. 


Kedua, mereka akan fokus pada distribusi buku ajar Aswaja dan perangkat lainnya. Ketiga, mereka akan menyelenggarakan Expo Ma’arif Sukses SNBT dan Wirausaha (Seleksi Nasional berdasarkan Tes) Perguruan Tinggi pada bulan Mei. Terakhir, mereka akan mengadakan rapat koordinasi LP Ma’arif Jawa Barat pada bulan Juni mendatang.
 


Sumedang Terbaru