• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Kamis, 22 Februari 2024

Purwakarta

Meriah, Kirab Kebangsaan Peringatan Harlah 1 Abad NU di Purwakarta Dihadiri 12 Ribu Warga Nahdliyin

Meriah, Kirab Kebangsaan Peringatan Harlah 1 Abad NU di Purwakarta Dihadiri 12 Ribu Warga Nahdliyin
Kirab Kebangsaan Peringatan Harlah 1 Abad NU di Purwakarta Dihadiri 12 Ribu Nahdliyin
Kirab Kebangsaan Peringatan Harlah 1 Abad NU di Purwakarta Dihadiri 12 Ribu Nahdliyin

Purwakarta, NU Online Jabar
Sebanyak 12 ribu warga nahdliyin memperingati Hari Lahir (Harlah) 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) dengan menggelar jalan santai dari Kampus UPI Purwakarta di Jalan Veteran lalu ke Jalan Sudirman kemudian ke Jalan RE Martadinata menuju Alun-alun Pemkab Purwakarta, pada Selasa (31/1). Kegiatan tersebut merupakan puncak peringatan Harlah 1 Abad NU tingkat Kabupaten yang digelar oleh KBNU Purwakarta.


Hadir juga dalam kesempatan tersebut sejumlah kiai serta tokoh penting di Purwakarta diantaranya Rais Syuriah PWNU Jawa Barat KH Abun Bunyamin, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika serta jajaran forkopimda. Tidak hanya itu, kirab kebangsaan ini juga dihadiri seluruh lintas Pemuka Agama atau FKUB di Kabupaten Purwakarta.


Dalam sambutannya, Ambu Anne bersyukur atas terlaksananya rangkaian peringatan Halah 1 Abad NU di Purwakarta. 


"Mewakili jajaran pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta saya merasa bahagia dan bangga karena hari ini NU Purwakarta menghadirkan sebuah kegiatan yang sangat penting dan luar biasa bagi Kabupaten Purwakarta," ujarnya.


Perempuan yang akrab disapa Ambu Anne tersebut menilai, ini menandakan bahwa masyarakat Purwakarta sangat bertoleransi terhadap seluruh umat. Menurutnya, ini juga membuktikan bahwa wilayah Kabupaten Purwakarta adalah wilayah yang sangat toleran. 


"Melalui kader-kadernya, NU telah melahirkan ide-ide dan gagasan bagi kemajuan NKRI, termasuk kemajuan Kabupaten Purwakarta.," tegasnya.


"Terima kasih tak terhingga kepada keluarga besar NU Purwakarta yang terus berkomitmen mendukung terus pembangunan Purwakarta. Terimakasih atas dedikasi dan kontribusi dari KBNU Purwakarta dalam menjaga Purwakarta tetap kondusif. Hal ini menjadi modal bahwa pembangunan di Purwakarta bisa tetap berjalan,"Ujarnya 


Sementara itu Rais Syuriah PCNU Kabupaten Purwakarta, KH Akhfaz Fauzi Asikin mengatakan bahwa kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama semua pihak.


"Hendaknya hal ini juga dapat diambil pelajarannya oleh para generasi muda atau umumnya masyarakat Purwakarta agar tidak hanya sekedar membela hal-hal yang berkaitan dengan agama, tapi lebih khusus lagi membela kepentingan bangsa dan negara. Jadi kedepan, negara ini akan tetap aman untuk ketentraman generasi muda kita yang akan mengisi ini," kata Kiayi Akhfaz.


Selain itu, Ketua Panitia Pelaksana peringatan Harlah 1 Abad NU Kabupaten Purwakarta, Oyang Este Binos mengatakan, agenda puncak kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menguatkan komitmen seluruh elemen bangsa khususnya KBNU seluruh elemen lain yang ada di Kabupaten Purwakarta.


"Bersama-sama menjaga komitmen kebangsaan, terlebih hari ini Purwakarta sudah sangat oke hubungan antar pihaknya. Maka bagaimana keokehan ini diperkuat dan diteruskan apalagi kita saat ini sedang memasuki tahapan Pemilu 2024. Maka komitmen berbangsa dan bernegara merupakan satu hal yang sangat mungkin untuk diprioritaskan," kata Binos.


Berkaitan dengan acara puncaknya, pihaknya juga mengundang serta melibatkan semua elemen masyarakat termasuk unsur NU dan unsur lintas agama. 


"Kalau dihitung berdasarkan jumlah perserta mencapai 12 ribu orang. Sebenarnya yang kita undang hanya 10 ribu. Meskipun hujan, antusias peserta tetap bertahan mengikuti acara ini hingga selesai," tandas Binos.


Pewarta: Rasti Mulya Antini
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi


Purwakarta Terbaru