• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Rabu, 21 Februari 2024

Purwakarta

HARI SANTRI NASIONAL 2022

Jadi Peserta Musabaqah Syarh Qawaid Fiqhiyah RMI PBNU, Santri Al Muhajirin Purwakarta Raih Juara Harapan 1 Tingkat Nasional

Jadi Peserta Musabaqah Syarh Qawaid Fiqhiyah RMI PBNU, Santri Al Muhajirin Purwakarta Raih Juara Harapan 1 Tingkat Nasional
Jadi Peserta Musabaqah Syarh Qawaid Fiqhiyah RMI PBNU, Santri Al Muhajirin Purwakarta Raih Juara Harapan 1 Tingkat Nasional.
Jadi Peserta Musabaqah Syarh Qawaid Fiqhiyah RMI PBNU, Santri Al Muhajirin Purwakarta Raih Juara Harapan 1 Tingkat Nasional.

Jakarta, NU Jabar Online
Santri Pondok Pesantren Al Muhajirin Purwakarta, Zulfan Musthofa Shihab meraih juara harapan 1 dalam perhelatan dengan berbagai ponpes se-Indonesia pada gelaran Musyabaqah Syarh Qawaid Fiqhiyah tingkat nasional yang diselenggarakan Rabithah Ma'had Islamiyah (RMI) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Selasa (18/10) hingga Kamis (20/10) di Kantor PBNU, Jln. Kramat Raya 164, Jakarta. 


Usai masuk grand final dan menggaet juara harapan 1, Zulfa Musthafa menjadi satu-satunya pemenang yang berasal dari Jawa Barat dan bersanding dengan para juara yang notabene berasal dari ponpes tua dan terkenal di Indonesia. Zulfa bersama para pemenang lain telah menyisihkan 337 peserta dari 110 pesantren di Indonesia. 


Pimpinan Pesantren Al-Muhajirin Purwakarta sekaligus Rais Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat, KH Abun Bunyamin merasa bahagia dan bangga atas prestasi yang di raih santri tersebut. Hal itu dibuktikan dengan kesediaan beliau mendampingi Zulfan Musthafa menerima penghargaan yang akan diserahkan pada gelaran Apel HSN 2022 PBNU di Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur yang langsung diikuti dan disaksikan oleh seluruh Pengurus NU se-Indonesia dan Pengurus Internasional NU melalui Zoom. 


Dalam kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Al-Muhajirin sekaligus Ketua Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Jawa Barar, Hj. Ifa Faizah Rohmah menyebut berkat para masyayikh lah para santri bisa tumbuh bermartabat dan bermanfaat dengan ilmunya. 


"Pada hari Santri Nasional 2022 ini, kami mengucapkan rasa Syukur dan hormat terima kasih kepada segenap guru, masyayikh, Pimpinan pondok pesantren baik yang eksis maupun yang telah wafat, yang dengan penuh doa dan keikhlasan mengajarkan ilmunya kepada santri, sehingga santri bisa tumbuh bermartabat dan bermanfaat dengan ilmunya. Ke depan santri inilah yang akan menjaga umat, melesatrikan agama dan sebagai pewaris para Nabi," ungkap Ifa. 


Dengan demikian, sambungnya, saya ucapkan selamat kepada Ananda Zulfan Musthafa yang kali ini telah meraih penghargaan Musabaqoh Syarh Qowaid Fiqhiyah tingkat Nasional yang diselenggarakan RMI PBNU. Tentu ini merupakan Hadiah terbaik dari santri Al-Muhajirin untuk Syaikhuna Pimpinan Ponpes Al Muhajirin di HSN  2022. 


"Semoga dengan peringatan HSN ini memacu masyarakat untuk semakin memperhatikan pentingnya peran santri bagi keberlangsungan umat dan bangsa dari sejak penjajahan sampai meraih kemerdekaan. Termasuk memacu santri untuk lebih bisa berkontribusi dalam menjaga stabilitas ilmu, iman dan takwa dalam berbagai aspek kehidupan sehingga indonesia terus maju dan bermartabat menjadi baldah thoyyibah wa robbun ghofur," pungkasnya. 


Diketahui, selain dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional 2022, perlombaan ini dilaksanakan dalam rangka merawat khazanah turats pesantren dan mengembangkan khazanah keilmuan pesantren dan melestarikan nilai-nilai ajarannya.


Pewarta: Riki Baehaki
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi


Purwakarta Terbaru