• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Rabu, 17 April 2024

Kabupaten Bogor

RMINU Kabupaten Bogor Siap Selenggarakan Jambore Santri Nusantara 2022

RMINU Kabupaten Bogor Siap Selenggarakan Jambore Santri Nusantara 2022
RMINU Kabupaten Bogor Siap Selenggarakan Jambore Santri NUsantara 2022. (Foto: NU Online Jabar)
RMINU Kabupaten Bogor Siap Selenggarakan Jambore Santri NUsantara 2022. (Foto: NU Online Jabar)

Kabupaten Bogor, NU Online Jabar 
Jelang Hari Santri Nasional (HSN) 2022, pada 22 Oktober mendatang, PengurusCabang Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) Kabupaten Bogor menyatakan siap untuk menyelenggarakan kembali acaraJambore Santri Nusantara (JSN) tahun ini.


Seperti dirilis akun Instagram resminya jsn.bgr.id, JSN yang ke-4 ini  akan diadakan di Pondok Pesantren Al Musthafawiyah, Desa Sukamanah KecamatanMegamendung Kabupaten Bogor, 19-22 Oktober 2022.


Rencananya even multilomba ini akan melibatkan 50 Pesantren yang beranggotakan 9 orang santri dan 1 pembina tiap regunya. Lombatersebut diantaranya yakni MTQ, MHQ, Musabaqoh  Qiroatul Kutub, Musabaqoh Syahril Qur'an, Pidato Dwibahasa, Lomba Yel-yel Santri NU, Lintas Alam Ke-NU-an, Lomba Tarik Sarung, Lomba Panjat dan Tancap Bendera NU, LombaOrasi Kebangsaan, Kaligrafi, Lomba Video Creator, Lomba Perkusi Nadzoman, Dekorasi Tenda, dan Stand-Up Comedy.


Selain itu JSN akan diisi juga dengan acara sesi motivasi ‘MenjadiSantri Sukses Itu Mudah’, Pelatihan Jurnalistik Santri dan Content Skill Creator bagi Santri Milenial, Pelatihan Santri Preneur, serta Maulid Akbar dan Tausiah Kebangsaan yang akan diisi oleh KH Said Aqil Siroj, mantan Ketua Umum PBNU.


Ketua RMINU Kabupaten Bogor, Abdul Basit Mahfuf menjelaskan, selain sebagai ajang silaturahim tahunan para santri, even ini juga untuk menguji talenta dan kemampuan para santri di bidang akademik, keagamaan dan umum, menguji kesampatan fisik dan mental santri juga untuk memberi apresiasi akademik kepada para juaranya. 


"Benar, kami akan memberikan hadiah Beasiswa S1 kepada para pemenang. Jumlahnya mencapai puluhan untuk kuliah di beberapa perguruan tinggi swasta (PTS) di wilayah Bogor," jelas Abdul Basit Mahfuf, Kamis (29/9/2022). 


RMI-NU sendiri adalah lembaga di bawah naungan NU yang berkhidmah khusus untuk  mengurus  Pesantren NU yang berjumlah ribuan. JSN tahun ini merupakan penyelenggaraan yang keempat kalinya sejak tahun 2018. 


“Alhamdulillah, tiap tahun menunjukkan peningkatan jumlah peserta. Termasuk tahun 2021 lalu yang masih dihantui Pandemi Covid-19 setelah 2020 yang terpaksa tidak diadakan. Kami optimis, JSN tahun ini akan lebih sukses dan membawa manfaat, baik dari sisi jumlah peserta, kualitas lomba, tata kelola penyelenggaraan, hadiah yang variatif dan melimpah, maupun syiar HSN yang lebih menggaung," tambah pria kelahiran Cirebon yang juga menjadi Pengasuh Pondok Pesantren Cinta Rasul, Cibungbulang Bogor itu.


Kesiapan penyelenggaraan JSN ditegaskan pula oleh Ketua Panitia Pelaksana ustadz Rohmat Mubarok. "Insyaallah kami siap menjadi tuan rumah JSN, perencanaan sudah matang. Beberapa yang sedang kami perkuat adalah kerja sama dan sinergi dengan berbagai pihak baik pemerintahan maupun swastadan sponsor termasuk dengan 12 Perguruan Tinggi Swasta di sekitar Bogor," papar Pengajar di Ma'had Aly Al Musthafawiyah itu.


Editor: Agung Gumelar


Kabupaten Bogor Terbaru