Home Nasional Warta Adrahi Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Santri Sejati 

Santri Sejati 
Santri (Foto:NUJO)
Santri (Foto:NUJO)

Kata “Santri” dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) diartikan menjadi beberapa pengertian. Diantaranya yaitu orang yang mendalami agama Islam, dan kedua sebagai orang yang beribadat dengan sungguh-sungguh atau bisa diartikan sebagai orang saleh.

 

Namun secara istilah dapat diartikan sebagai orang yang belajar di pondok pesantren. KH Mustofa Bisri (Gus Mus) mengatakan bahwa setiap orang yang berakhlak santri adalah santri. Terlepas dari beragam makna dan istilah tentang santri, pada hakikatnya seseorang akan dikatakan sebagai santri apabila belajar di pondok pesantren dan memiliki keilmuan agama yang mendalam.

 

Santri memiliki peranan besar dalam memperjuangkan kemerdekaan. Salah satu buktinya adalah santri-santri KH Hasyim Asy’ari (pendiri Nahdlhatul Ulama). Waktu itu mereka rela mengorbankan harta dan nyawanya demi membebaskan Kiai Hasyim yang sedang disandra oleh penjajah Jepang. 

 

Berbeda dengan strategi yang dilakukan oleh pahlawan nasional lainnya, para santri Kiai Hasyim menggunakan cara yang sebenarnya tidak bisa dikatakan sebuah perlawanan. Yaitu dengan cara berdzikir di depan markas tempat Kiai Hasyim disandera. Strategi semacam ini memang tidak masuk akal jika dipikir dengan kasat mata, tetapi ternyata berdampak besar.

 

Penjajah Jepang segera memindahkan Kiai Hasyim ke Mojokerto, tetapi santri Kiai Hasyim tidak kehabisan strategi demi membebaskan guru tercinta. Mereka ikut menjemput Kiai Hasyim ke Mojokerto, tanpa membawa senjata apapun dan bekal seadanya. Karena tindakan dengan halus telah mereka lakukan dan tidak membuahkan hasil, maka mengorbankan nyawa hingga titik darah penghabisan pun mereka lakukan. Hingga pada akhirnya Kiai Hasyim berhasil dibebaskan dari sandraan penjajah Jepang.

 

Tak luput pula dari kejaran antek-antek PKI, lagi-lagi santri diganyang dan diserang tanpa belas kasihan. Fitnah-fitnah mentah terus menerus dilontarkan kepada kiai dan santri. Mereka di hujat dan diikat bersama semua masyarakat yang tak patuh dan hormat, hanya ucapan dzikir dan shalawat yang menjadi sahabat. Keinginan untuk melawan hanya menjadi angan, menyerah dan pasrah bermandikan darah. 

 

Dua peristiwa tersebut membuktikan, walaupun ditempa ilmu agama setiap hari, akan tetapi santri tetap memiliki semangat nasionalisme dan humanisme yang menggebu-gebu. Menariknya santri dan pesantren memang benar-benar berperan penting bagi berdirinya negeri Indonesia. Maka dari itu Presiden kita waktu itu Jokowi-JK menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai hari santri nasional. Karena tepat pada tanggal tersebut KH Hasyim Asy’ari mengekuarkan fatwa resolusi jihad bagi seluruh rakyat Indonesia.

 

Seiring lapuknya zaman dan berkembangnya teknologi, gadget, keberadaan santri dan pesantren seakan semakin terbelakang. Padahal dari pesantren-lah muncul generasi-generasi muda Islam sebagai calon-calon ulama dan penyebar syari’at Islam di tengah-tengah masyarakat.Tidak sedikit juga santri yang pulang tanpa minta izin kepada pengasuh pesantren, lebih parah lagi kabur tanpa pamit dengan alasan banyak dedemit    alasan klasik.

 

Menurut penulis, ada pergeseran pandangan masyarakat sekarang ini, mereka berpandangan bahwa mencari ilmu bisa didapat dari kitab-kitab terjemahan ataupun lewat media internet. Pandangan mereka diperparah dengan ambisi dunia atau penguatan ekonomi dibanding mencari ilmu di pesantren. Hal ini seakan sangat bertolak belakang jika kita kembali pada masa Kiai Hasyim. Ketika pesantren dan santri menjadi tonggak semangat persatuan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

 

Pendidikan pesantren juga semakin dianggap ketinggalan zaman, Hal inilah yang menjadikan generasi Islam masa depan menjadi semakin suram. Dan akibat dari pergeseran pandangan masyarakat tentang pesantren itulah yang menjadikan timbulnya bermacam-macam kasus di

 

kalangan remaja dan pemuda. Maka, pandangan masyarakat yang mengatakan “Kalau anak saya mondok, nanti mau kerja apa?” adalah salah besar dan perlu diluruskan. Karena, pesantren bukan tempat mendidik mencari kerja atau memudahkan mendapat pekerjaan.

 

Pesantren adalah ltempat mendidik kemandirian dalam hidup dan tempat mencetak generasi Islam yang berilmu dan berakhlak mulia. Rasulullah Saw pernah bersabda, “Barangsiapa yang menginginkan dunia hendaklah dengan ilmu, barangsiapa yang menginginkan akhirat hendaklah dengan ilmu dan barangsiapa menginginkan dunia dan akhirat hendaklah dengan ilmu”. Jadi, sudah jelas bahwa pesantren merupakan sarana dalam meraih kebahagiaan dunia dan akhirat. 

 

Keluar dari konteks pandangan masyarakat terhadap santri dan pesantren, santri dulu dengan santri sekarang juga memiliki perbedaan yang cukup jauh. Santri salaf (red. Santri dulu) identik dengan keilmuannya yang mendalam, akhlak dan perilaku sopan, pakaian sederhana, dan tutur kata yang lemah lembut. Berbeda dengan santri-santri masa kini yang mengedepankan style daripada skill. Keilmuan dan kesopanan hanya sekedar menjadi motto pesantren yang terpampang rapi.

 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan santri masa kini tidak berperikesantrian, diantaranya:

 

1.    Pengaruh dan pergaulan santri masa kini terlalu bebas ketika liburan, kesadaran bahwa mereka sedang memanggul caption “santri” tidak mereka hiraukan ketika di rumah.
2.    Gaya berpakaian yang trendy dan anti pakaian Islami. Perilaku nyeleneh keluar dari dalam diri mereka. Segala perubahan yang mereka tampilkan berhasil membuat masyarakat terhipnotis bahwa santri bukan lagi, manusia berbasis agamis.
3.    Kurang disiplin waktu, seperti lalai berjamaah shalat, mengaji, kurang dalam melakukan amalan Sunnah baik dzikir setelah shalat atau saum Senen-Kamis.
4.    Para pengajar yang tidak mencerminkan pendidik. Hanya mengajar dan tidak mampu mengontrol keseharian santri, yang pada gilirannya berpengaruh terhadap KBM santri.
5.    Banyak santri tidak ngaji karena alasan giriran piket/ masak.
6.    Berbagai persoalan tentang akhlak dan perilaku santri yang kian mengalami penyusutan juga terbukti di internal pesantren.
7.    Metode belajar, kebiasaan, dan tingkah laku. Turunnya minat baca santri turut membuktikan bahwa minat belajar mereka semakin hari semakin menurun. Mulai dari merokok, tidur di kelas, berhubungan dengan lawan jenis, tidak mengikuti kegiatan pesantren.
 

Apabila akar masalah semacam ini tidak segera dibasmi, maka akan semakin mengakar dan tertancap kuat di pesantren khususnya dan santri yang akan menjadi korbannya. Maka Pondok Pesantren harus berusaha mereduksi, mengevaluasi, berbenah dari kekurangan - kekurangan yang ada dan melakukan perbaikan- perbaikan dari sisi program dan manajemen. Diantaranya:

 

1.    Memahamkan Visi sebagai santri sejati yang tidak boleh dilupakan. Anggapan buruk masyarakat terhadap santri dan pesantren harus kita patahkan. Buktikan bahwa santri masa kini masih sama seperti salafi di masa lalu. Bahkan lebih baik. Santri masa kini juga bisa menjadi tonggak bagi nusa, bangsa, dan agama. Jangan malu untuk menonjolkan identitas kesantrian kepada khalayak umum. Karena kita adalah santri sejati, akhlak dan tingkah laku adalah harga mati yang tak bisa di tawar lagi, ilmu dan amal adalah makan kita sehari-hari, hijab, sarung, dan peci adalah identitas kita. Karena santri sejati takkan pernah berhenti mencari ridho ilahi.
2.    Untuk meningkatkan minat nyantri, maka pesantren harus melakukan langkah berani dengan membuka slot beasiswa dan pendidikan bersubsidi dengan Program gratis biaya pendidikan dan makan seperti yang dilakukan Ponpes Aisyarahmat Cigentur Bandung dan Ponpes BIMA Cirebon Asuhan KH Imam Jazuli.
3.    Melakukan inovasi kreatif melalui pengembangan kurikulum pesantren yang bisa dijadikan rujukan khususnya Pesantren yang berada di bawah naungan PWNU Jabar seperti pesantren berbasis program yang menjadi pilihan-pilihan ideal.
4.    Meng-upgrade model Asrama dimana dulu tempat tidurnya di bawah (lantai) diganti dengan ranjang susun supaya lebih estetik dan kelihatan rapih serta tidak terkesan kumuh dan jorok. Tidak ketinggalan menyediakan lemari besi/plat supaya kuat dan rapih.

 

Demikian langkah- langkah kongkrit Pondok Pesantren masa depan untuk memajukan generasi penerus sebagai anak bangsa agar menjadi santri sejati.

 

Dede Ropik Yunus, Sekjen RMI PWNU Jabar

Terkait

Opini Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×