Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Usai di Bali, Ketum PBNU Berencana Ajak Partisipan R20 Kunjungi Yogyakarta dan Jawa Tengah

Usai di Bali, Ketum PBNU Berencana Ajak Partisipan R20 Kunjungi Yogyakarta dan Jawa Tengah
Usai di Bali, Ketum PBNU Berencana Ajak Partisipan R20 Kunjungi Yogyakarta dan Jawa Tengah.
Usai di Bali, Ketum PBNU Berencana Ajak Partisipan R20 Kunjungi Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Bali, NU Online Jabar
G20 Religion Forum (R20) resmi digelar di Nusa Dua, Bali, Rabu (2/11/2022) dan akan berlangsung di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua Bali selama dua hari, dimulai pada Rabu (2/11) hingga Kamis (3/11). Perhelatan akbar berskala internasional itu akan mempertemukan pemimpin agama-agama dunia untuk duduk bersama dan membangun dialog yang jujur dan lugas mengenai kontribusi agama bagi peradaban dunia. 

 

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) mengatakan, usai penyelenggaraan R20 di bali, pihaknya akan membawa serta partisipan mengunjungi Yogyakarta dan Magelang, Jawa Tengah.


“Dari Bali, pada tanggal 4 November 2022, kita akan mengajak peserta ke Yogyakarta,” kata Gus Yahya, usai upacara pembukaan, di Nusa Dua, Bali, Rabu (2/11/2022). 


Kiai yang akrab disapa Gus Yahya menjelaskan, seluruh rangkaian kunjungan ke Yogyakarta dan Magelang itu ditujukan untuk menunjukkan harmoni Indonesia. Ia berharap, replika keragaman budaya pada dua daerah tersebut bisa menginspirasi dan menjadi sumbangan Indonesia bagi perdamaian global.  


“Untuk memperlihatkan kenyataan Indonesia yang heterogen, tapi toleran dan harmonis yang bisa menjadi inspirasi yang disumbangkan Indonesia,” ujar dia.


Menurut jadwal panitia, usai dari Bali, rombongan parisipan R20 akan bertolak ke Yogyakarta pada Jumat, (4/11). Mereka secara berurutan akan mengunjungi Keraton Yogyakarta, Candi Prambanan, Universitas Islam Indonesia, lalu Pondok Pesantren Pandanaran.


Sementara itu, Gus Yahya dalam sambutannya menyampaikan bahwa antusiasme partisipan tampak bahkan sejak upacara pembukaan forum. “Alhamdulillah upacara pembukaan telah berlangsung dengan sangat lancar dan kami melihat antusiasme, semangat yang luar biasa dari para peserta- pembicara,” teran dia. 


“Kami melihat satu suasana yang memperlihatkan para peserta memiliki keprihatinan yang tulus, semangat yang tulis untuk bersama memberikan sumbangan yang konstruktif bagi kemanusiaan dan masa depan peradaban,” pungkasnya.


Sebagai informasi, Forum R20 International Summit of Religious Leaders mengangkat tema "Revealing and Nurturing Religion as a Source of Global Solutions: A Global Movement for Shared Moral and Spiritual Values. Forum tersebut akan mempertemukan para pemimpin agama dan sekte-sekte dunia dengan peserta utama dari negara-negara anggota G20 dan negara nonanggota presidensi G20. 


Total negara negara yang terkonfirmasi hadir pada perhelatan R20 sebanyak 32 negara dengan 464 partisipan. Forum tersebut akan menghadirkan 40 pembicara dari lima benua.


Selain itu, Forum Agama G20 atau R20 digelar PBNU bersama Liga Muslim Dunia atau Muslim World League (MWL) di Nusa Dua, Bali, pada 2-3 November 2022. Ada 464 partisipan yang terkonfirmasi hadir pada perhelatan R20, yang berasal dari 32 negara. Forum tersebut menghadirkan 40 pembicara dari lima benua. 


Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Nasional Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×