Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Rais Syuriah PWNU Jabar: Dunia Apresiasi Semangat Toleransi Gus Yahya

Rais Syuriah PWNU Jabar: Dunia Apresiasi Semangat Toleransi Gus Yahya
Rais Syuriah PWNU Jabar: Dunia Apresiasi Semangat Toleransi Gus Yahya
Rais Syuriah PWNU Jabar: Dunia Apresiasi Semangat Toleransi Gus Yahya

Purwakarta, NU Jabar Online
Rais Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat KH Abun Bunyamin mengapresiasi terpilihnya Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Chalil Staquf sebagai salah satu dari 50 tokoh muslim dunia yang paling berpengaruh. 


"Gus Yahya Cholil Staquf adalah penerus keteladanan Gus Dur yang menempatkan nilai-nilai kemanusiaan diatas perbedaan ideologi, kebangsaan dan peradaban," jelas kiai Abun saat ditemui NU Jabar Online, Ahad (6/10). 


Menurut kiai Abun, Ideologi, kebangsaan dan peradaban adalah bagian atau sub sistem dari khasanah kemanusiaan. 


"Nilai-nilai kemanusiaan itulah yang menjadi spirit utama bagi Gus Yahya Cholil Staquf yang diaplikasikan dalam gerak langkahnya memimpin Jam'iyyah Nahdlatul Ulama yang selalu mengedepankan semangat toleransi," ungkap kiai Abun. 


Sebagaimana diberitakan NU Online, Gus Yahya, ditulis dalam buku The Muslim 500: The World's 500 Most Influential Muslims 2023, merupakan keturunan dari garis panjang dan ulama masyhur dan dididik sejak usia dini secara formal dan ilmu-ilmu esoteris (spiritual) Islam. Daftar 50 dan 500 Muslim paling berpengaruh di dunia itu dikeluarkan oleh The Royal Islamic Strategic Center yang berpusat di Amman, Yordania yang setiap tahun lembaga tersebut mengeluarkan daftar tokoh-tokoh muslim berpengaruh.  


Di tahun sebelumnya, Gus Yahya masuk dalam daftar 500 Muslim paling berpengaruh. Tahun ini, ia menempati posisi ke-19. Selain Gus Yahya, Presiden Joko Widodo dan Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Yahya juga masuk dalam daftar 50 Muslim paling berpengaruh di dunia pada posisi ke-13 dan ke-30.


Pewarta: Riki Baehaki
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Nasional Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×