• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Kamis, 30 Mei 2024

Nasional

Pengajuan Penyelenggaraan PD-PKPNU Kembali Dibuka

Pengajuan Penyelenggaraan PD-PKPNU Kembali Dibuka
Ilustrasi PBNU. (Foto: NU Online)
Ilustrasi PBNU. (Foto: NU Online)

Bandung, NU Online Jabar
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) membuka kembali pengajuan penyelenggaraan kaderisasi dasar atau Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Penggerak NU (PD-PKPNU). Penyelenggaraan kaderisasi nantinya akan berbasis pada aplikasi kader baru bernama Sistem Informasi Kader Nahdlatul Ulama (Siskader NU).  


Pengumuman ini tertuang dalam pemberitahuan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Nomor: 743/PB.03/A.I.03.47/99/07/23 tertanggal 4 Juli 2023/15 Dzulhijjah 1444 H, ditandatangani langsung oleh Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf dan Sekretaris Jenderal PBNU H Saifullah Yusuf. 


“Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dengan ini memberitahukan bahwa pengajuan pelaksanaan kaderisasi dasar PD-PKPNU dibuka kembali dan pelaksanaan kaderisasi selanjutnya akan dilaksanakan berbasis Siskader NU,” demikian bunyi surat pemberitahuan PBNU yang ditujukan kepada Pengurus Wilayan (PW) dan Pengurus Cabang (PC) Nahdlatul Ulama se-Indonesia.


Seiring dengan pengumuman tersebut, PBNU mengimbau kepada seluruh PWNU dan PCNU se-Indonesia yang telah mengajukan penyelenggaraan kaderisasi untuk segera melakukan koordinasi dengan tim instruktur terkait penyesuaian jadwal. 


“Bagi Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama yang telah mengajukan surat permohonan penyelenggaraan kaderisasi sebelumnya, agar berkoordinasi dengan Tim instruktur terkait penyesuaian jadwalnya,” tulisnya. 


Keputusan tersebut merupakan tindak lanjut dari ketetapan PBNU sebelumnya terkait penundaan penyelenggaraan kaderisasi. Penundaan ini disebabkan aplikasi Siskader NU yang digunakan sebagai basis data kader sedang dalam tahap penyempurnaan.  


Keputusan tersebut tertuang dalam surat Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Nomor:66/PB.01/A.II.10.47/99/05/2023 tanggal 11 Mei 2023 Perihal Surat Edaran yang menetapkan penundaan penyelenggaraan kaderisasi untuk sementara. 


Untuk diketahui, Siskader NU merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pengembangan kaderisasi jam’iyah Nahdlatul Ulama. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang bertujuan untuk memudahkan dan mempercepat pengelolaan kegiatan kaderisasi di berbagai level, dari ranting hingga nasional. 


“Siskader NU adalah solusi inovatif yang memadukan teknologi dengan nilai-nilai NU dalam upaya meningkatkan kompetensi dan kemampuan kader,” demikian pernyataan yang tertera dalam laman Siskader NU


Seluruh pelaksanaan pengaderan, mulai dari PD-PKPNU, PMKNU, hingga AKN-NU menggunakan aplikasi Siskader NU. Aplikasi ini akan mengintegrasikan seluruh warga NU yang telah mengikuti kaderisasi, sehingga terdata secara baik.
 


Nasional Terbaru