• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 16 April 2024

Nasional

PBNU Resmi Luncurkan Logo 1 Abad NU, Berikut Makna dan Filosofinya

PBNU Resmi Luncurkan Logo 1 Abad NU, Berikut Makna dan Filosofinya
PBNU Resmi Luncurkan Logo 1 Abad NU, Berikut Makna dan Filosofinya.
PBNU Resmi Luncurkan Logo 1 Abad NU, Berikut Makna dan Filosofinya.

Bandung, NU Online Jabar 
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) resmi meluncurkan logo 1 Abad NU. Mengingat, organisasi Islam terbesar di Indonesia ini hampir mencapai usianya yang seabad. 

 

Berdasarkan perhitungan kalender Hijriah, NU didirikan pada 16 Rajab 1344 Hijriah, itu berarti NU akan mencapai usianya yang ke satu abad pada 16 Rajab 1444 Hijriah atau bertepatan dengan 7 Februari 2023 mendatang. 

 

Sehubungan hal ini PBNU resmi meluncurkan logo 1 Abad NU. Logo 1 Abad NU ini dikonfigurasi angka 1 berwarna hijau dan stilisasi angka 2 berbentuk pita berwarna keemasan yang memberi nuansa selebrasi. 

 

Melansir NU Online, desain logo 1 Abad NU ini mempunyai makan dan filosofi yang sangat dalam. Angka 1 berwarna hijau menunjukkan seabad kiprah NU dalam menegakkan diri sebagai organisasi umat Islam terbesar. 

 

Sementara bentuk pita memberi kesan gerakan yang tumbuh, sedangkan melingkupi angka 1 melambangkan visi dan proyeksi NU untuk mendigdayakan NU dalam menjemput abad keduanya dengan kebangkitan baru sebagaimana tema yang diangkat.

 

Adapun warna emas pada pita mencerminkan optimisme dan melambangkan visi mulia yang hendak diraih.

 

Tema 1 Abad NU 

 

Dalam peringatan usianya yang seabad ini, PBNU mengangkat tema ‘Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru’. Pilihan tema ini didasarkan pada hadits Rasulullah saw tentang lahirnya pembaharu di setiap satu abad. 

 

"Allah swt setiap 100 tahun membangkitkan di kalangan umat ini pembaharu," kata Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf menerjemahkan sebuah hadits sahih yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud, sebagaimana dilansir NU Online. 

 

Anda juga bisa mendownload logo 1 Abad NU di sini. 

 

Pewarta: Agung Gumelar


Nasional Terbaru