• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 28 Mei 2024

Nasional

Maulid Nabi Muhammad SAW, Habib Husein Ja'far Al Hadar : Ambil Hikmahnya dan Bergembiralah

Maulid Nabi Muhammad SAW, Habib Husein Ja'far Al Hadar : Ambil Hikmahnya dan Bergembiralah
Maulid Nabi Muhammad SAW, Habib Husein Ja'far Al Hadar : Ambil Hikmahnya dan Bergembiralah
Maulid Nabi Muhammad SAW, Habib Husein Ja'far Al Hadar : Ambil Hikmahnya dan Bergembiralah

Depok, NU Online Jabar
Pondok Pesantren Baitul Hikmah Depok mengadakan Maulid Nabi Muhammad Saw menghadirkan Dai Millenial pendakwah dengan mengedepankan Islam yang ramah penuh cinta yakni Habib Husein Ja'far Al Hadar di aula Pondok Pesantren yang didirikan oleh KH Muhammad Hamdan Rasyid selaku Rais Idaroh Wustho JATMAN DKI Jakarta tepatnya di di Jl. Curug Taufiq 90 RT.02 RW. 02 Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, Sabtu (08/10).


Habib muda pegiat medsos Husein Ja'far Al Hadar pada kesempatan maulid ini menyatakan haruslah senang karena pada hari menjadi hari yang termulia yakni dengan kelahiran Nabi Muhammad Saw. 


"Kita bersama-sama mengambil hikmah dan bergembira atas maulid Nabi saw. Karena celaka bagi orang yang tidak bergembira pada hari kelahiran Nabi. Dengan niat kita bergembira karana hari ini adalah hari kelahiran Rasulullah saw. Hari ini harus menjadi hari kegembiraan bagi umat Islam, di hari ini rahmat terbesar diturunkan kepada kita yakni dengan kelahiran sang nabi SAW," ujar pengampu channel Youtube Jeda Nulis tersebut.


Ia mengutip salah satu Ayat 58 dari surat Yunus dalam Al-Quran:


قُلۡ بِفَضۡلِ ٱللَّهِ وَبِرَحۡمَتِهِۦ فَبِذَٰلِكَ فَلۡيَفۡرَحُواْ هُوَ خَيۡرٞ مِّمَّا يَجۡمَعُونَ [ يونس: 58]


Artinya : Katakanlah dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan (QS. Yunus : 58).


Menurutnya, Rasulullah SAW sebagai rahmat terbesar untuk umat manusia, sehingga dengan rahmat itu hendaknya munculkan kegembiraan. 


"Karena kegembiraan itu adalah wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT yang tiada bandingnya yaitu rahmat berupa wujud dari kelahiran Nabi Muhammad Saw. Kata seorang peyair Yunus Emri dari Persia, mungkin Allah Ta'ala bisa diingkari, tetapi tidak ada yang bisa mengingkari keberadaan pribadi akhlak Nabi Muhammad Saw. tidak ada yang bisa mengingkari bahwa nabi Muhammad itu yang begitu rahmatnya, kasih sayangnya sangat terasa sekali kepada manusia," paparnya.


Ia juga menilai, Nabi sebagai pribadi yang berakhlak mulia dan tidak bisa diingkari bahwa nabi Muhammad itu sungguh pribadi yang agung.


"Walau pun mereka membenci Muhammad, mereka menyembah berhala, tapi tidak bisa menolak pribadi yang sangat agung, tidak bisa diingkari bahwa nabi Muhammad special menjadi manusia sempurna untuk umat manusia," Pungkas Habib millenial dengan dakwah kekinian dihadapan santriwan dan santriwati Pondok Pesantren Baitul Hikmah Depok. 


Sebagai informasi, acara tersebut dihadiri oleh ketua Matan DKI Jakarta KH Hasan Chabibie dan Pengasuh Pondok Pesantren Baitul Hikmah serta para tamu undangan lingkungan Pesantren. Pada Maulid ini santri diberikan kesempatan untuk menampilkan puisi memuji sang Rasul Muhammad SAW dan juga muhadharah dari santri kelas MA. Maulid tersebut juga dimeriahkan dengan tabuhan kesenian Islam berupa hadrah dan diakhiri dengan doa. 


Pewarta : Abdul Mun'im Hasan
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi


Nasional Terbaru