• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 15 April 2024

Nasional

KOLOM KH ZAKKY MUBARAK

KH Zakky Mubarak Ungkap Keistimewaan Bulan Ramadhan

KH Zakky Mubarak Ungkap Keistimewaan Bulan Ramadhan
(Mustasyar PBNU, KH Zakky Mubarak).
(Mustasyar PBNU, KH Zakky Mubarak).

Bandung, NU Online Jabar 
Salah seorang Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Zakky Mubarak menyembutkan tanpa disadari ternyata bulan ramadhan sudah semakin mendekat, oleh karena itu kita harus bersiap-siap menghadapi bulan yang agung itu. Hal tersebut diungkapkan melalui video taushiyah yang diungah melalui akun Facebook resmi miliknya, Zakky Mubarak Syamrakh pada Jumat (23/2/2024). 


"Mengapa? Karena ibadah syiam itu merupakan ibadah yang punya kedudukan tersendiri di sisi Allah SWT Ibadah yang tergolong istimewa," ujar Kiai kelahiran Cirebon, Jawa Barat itu.  


Lebih lanjut Kiai Zakky mengajak kita agar menyiapkan diri dengan menyambut kehadiran bulan suci ramadhan. 


"Maka kita harus menyiapkan diri dengan kehadiran Ramadhan itu, biasanya dengan pengarahan-pengarahan untuk keluarga dan jamaah tentang tarhim ramadhan," jelasnya.


Dalam video tersebut, kiai Zakky menambahkan bahwa semua amal umat manusia itu untuk dirinya sendiri kecuali puasa.


"Puasa itu adalah untuknya, kata Tuhan," tuturnya.


Kiai Zakky mengutip salah satu hadits Nabi Muhammad SAW:


يقولُ اللهُ تبارك وتعالى : كلُّ عملِ ابنِ آدمَ له إلا الصومَ فإنه لي وأنا أجزي به


Artinya, "Semua amal perbuatan anak Adam -yakni manusia- itu adalah untuknya, melainkan berpuasa, karena sesungguhnya puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan balasan dengannya.”


"Nah dari kalimat singkat ini, dari hadist rasulullah kita bisa memahami dengan sangat mudah bahwa ibadah puasa merupakan ibadah istimewa yang harus kita isi dengan amal sholeh dan dengan ketakwaan yang tinggi," pungkasnya.


Nasional Terbaru