• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Jumat, 19 April 2024

Nasional

KOLOM KH ZAKKY MUBARAK

KH Zakky Mubarak Ingatkan Masyarakat Syiarkan Rumah dengan Beribadah dan Membaca Al-Qur'an

KH Zakky Mubarak Ingatkan Masyarakat Syiarkan Rumah dengan Beribadah dan Membaca Al-Qur'an
KH Zakky Mubarak Ingatkan Masyarakat Syiarkan Rumah Dengan Beribadah dan Membaca Al-Qur'an
KH Zakky Mubarak Ingatkan Masyarakat Syiarkan Rumah Dengan Beribadah dan Membaca Al-Qur'an

Jakarta, NU Online Jabar
Salah seorang Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Zakky Mubarak mengatakan bahwa Nabi Muhammad Saw pernah berpesan janganlah kamu jadikan rumah-rumahmu seperti kuburan. Ia menilai, ada sejumlah penyebab yakni tidak ada orang yang membaca Al-Qur'an dan rumah tersebut tidak digunakan untuk ibadah.


Hal tersebut diungkapkan melalui video taushiyah yang diungah melalui akun Facebook resmi miliknya, Zakky Mubarak Syamrakh pada Selasa (16/1/2024). 


"Kita rutin baca Al-Quran dan ibadah-ibadah sunnah itu bagian dirumah, seperti tahajjud, dhuha, dan ibadah yang berkaitan dengan sholat sunah mutlak juga itu bagian dirumah," ucapnya. 


Untuk itu, lanjut Kiai Zakky, dengan demikian rumah kita itu menjadi penuh berkah, karena digunakan untuk beribadah dan juga membaca Al-Quran. "Bagaimana membaca Al-Quran  yang paling baik?. Ya dari awal disalasi batas terus sampai khatam di ulang lagi," katanya.


"Atau kita memilih ayat-ayat tertentu misalnya 2 ayat terakhir surah Al-Baqarah, itu baik ketika  digambarkan kaffarah, karena sudah mencukupi orang yang membacanya meskipun hanya 2 ayat dari akhir surah Al-Baqarah. dan lain sebagainya," tambahnya.


Demikian sebaliknya, lanjut Kiai yang merupakan salah seorang Dosen di Universitas Indonesia (UI) tersebut, hal yang sangat baik dalam membaca al-quran adalah merutinkannya dimanapun itu berada. 


"Tapi yang terbaik adalah kita merutinkan membaca Al-Quran terus menerus dirumah kita dan ditempat lain," pungkasnya.


Nasional Terbaru