• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Nasional

KH Zakky Mubarak: Balasan Bagi Orang yang Berbuat Kebajikan

KH Zakky Mubarak: Balasan Bagi Orang yang Berbuat Kebajikan
Rais Syuriyah PBNU KH Zakky Mubarak. (Foto/NU Online Jabar)
Rais Syuriyah PBNU KH Zakky Mubarak. (Foto/NU Online Jabar)

Bandung, NU Online Jabar 
Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Zakky Mubarak mengatakan, jika setiap Muslim melaksanakan suatu kebajikan, maka Allah SWT akan membalas dengan sepuluh kebajikan. Hal tersebut diungkapkan melalui akun Facebook resmi miliknya, Kamis (26/8).

Ia mengutip surat al-An'am ayat 160:

من جاء بالحسنة فله عشر أمثالها 

"Jadi, ditegaskan di situ ada 10 kali lipat, bahkan bisa lebih," jelasnya.

Ia mengungkapkan, dalam ayat lain pun disebutkan di surat al-Baqarah itu bisa sampai 700 kali, yang digambarkan sebagai satu biji kemudian tumbuh menjadi tujuh bulir, di setiap bulirnya 100 biji, maka menjadi 700 bahkan bisa lebih.

"Di sinilah, maka seorang Muslim itu harus terus memperbanyak kebajikan-kebajikan dalam kehidupannya. Dan ini merupakan karunia dari Allah yang sangat luhur," ungkapnya.

Lalu Kiai Zakky mengutip Hadits Nabi Muhammad SAW:

عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ

"Ini menakjubkan orang mukmin ini, kalo berbuat satu kebajikan, dibalas dengan 10 kali lipat atau 700 kali atau lebih. Tapi kalo dia berbuat keburukan, maka dibalas dengan satu keburukan," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, kiai Zakky mengingatkan, hal ini merupakan sesuatu karunia Allah yang patut disyukuri. Oleh karena itu, kita harus memperbanyak  kebajikan ataupun kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Kita meningkatkan kualitas ibadah kita, meningkatkan kualitas muamalah kita, dan kita harus meningkatkan segala aktifitas kita termasuk zakat kita, sedekah kita, melindungi sesama, berdakwah, dan kita harus memberikan hal-hal yang bermanfaat bagi sesama umat manusia," ujarnya.

Kemudian ia mengutip Hadits Nabi Muhammad SAW:

خير الناس انفعهم للناس

"Sebaik-baiknya manusia adalah orang yang paling banyak memberikan manfaat bagi orang lain," pungkasnya.

Pewarta: Muhammad Rizqy Fauzi


Nasional Terbaru