• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Sabtu, 13 April 2024

Nasional

Kemenag Buka Pendaftaran Seleksi Masuk Madrasah Aliyah Unggulan, Ini Langkahnya

Kemenag Buka Pendaftaran Seleksi Masuk Madrasah Aliyah Unggulan, Ini Langkahnya
Kemenag Buka Pendaftaran Seleksi Masuk Madrasah Aliyah Unggulan, Ini Langkahnya
Kemenag Buka Pendaftaran Seleksi Masuk Madrasah Aliyah Unggulan, Ini Langkahnya

Bandung, NU Online Jabar
Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Kementerian Agama pada sejumlah Madrasah Aliyah (MA) dibuka secara online, 9 Januari hingga 11 Februari 2023 untuk jalur nasional dan 9 Januari hingga 15 Maret 2023 untuk jalur internasional.

 

Terdapat tiga pilihan MA yaitu 

  1. Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) 
  2. Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK) 
  3. Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN).   
     

Adapun langkah-langkah pendaftaran adalah 

  1. Kunjungi https://snpdb-madrasah.kemenag.go.id 
  2. Buat Akun yang akan digunakan selama proses SNPDB berlangsung 
  3. Pilih Jalur Pendaftaran 
    Pendaftar dapat memilih jalur tes atau jalur prestasi sesuai dengan persyaratan yang berlaku
  4. Pilih Madrasah Tujuan 
    Pendaftar memilih madrasah pilihan 1 dan madrasah pilihan 2 (opsional) 
  5. Unggah Berkas 
    Persyaratan Unggah berkas-berkas persyaratan sesuai dengan jalur pendaftaran yang dipilih
  6. Selesaikan pendaftaran 
    Kirim pendaftaran agar dapat diverifikasi oleh panitia dan unduh bukti pendaftaran.
     

Memilih calon peserta didik mendapatkan layanan pendidikan terbaik  
Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, M Isom Selasa (10/1/2022) di Jakarta mengatakan SNPDB digelar untuk mendapatkan calon peserta didik terbaik, sekaligus membuka kesempatan bagi seluruh anak bangsa untuk berkompetisi mendapatkan layanan pendidikan terbaiknya.

 

Menurut Isom SNPDB Tahun Pelajaran 2023/2024 sengaja dilakukan lebih awal. Dia berharap seleksi ini dapat menjaring lulusan terbaik siswa MTs/SMP, dalam negeri maupun luar negeri, yang memiliki potensi kecerdasan tinggi di bidang akademik, keimanan dan ketakwaan serta berkepribadian yang unggul, dan berwawasan kebangsaan yang tinggi. 


Dijelaskan Isom setiap pilihan kelompok madrasah memiliki keunggulannya masing-masing. MAN IC misalnya, madrasah ini memiliki keunggulan di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) serta diperkuat dengan Iman dan Taqwa (Imtaq). Keberadaan MAN Insan Cendikia ini diharapkan dapat berfungsi sebagai Magnet School yaitu menjadi model dan inspirasi bagi madrasah-madrasah lain di sekitarnya.  


"MAN Insan Cendekia ini seringkali menggondol prestasi olimpiade, baik tingkat nasional maupun Internasional. Ada 24 MAN IC yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia," papar Moh Isom. 


MAN Program Keagamaan adalah Madrasah Aliyah yang menyiapkan peserta didiknya untuk mendalami ilmu-ilmu keagamaan Islam (tafaqquh fiddin). Tujuannya, mendidik mereka untuk menjadi ulama dan cendekiawan Muslim Nusantara.    
"MAN Program Keagamaan merupakan salah satu program unggulan nasional dalam bidang keagamaan berbasis asrama dengan penekanaan pada kurikulum keagamaan yang padat serta penguasaan Bahasa Arab dan bahasa Inggris. Ada 10 MAN Program Keagamaan yang ada di Indonesia," urainya.  

 

Adapun Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri, memiliki keunggulan di bidang kejuruan dengan kekhasan agama Islam. MAKN dihadirkan untuk mempersiapkan peserta didiknya menjadi pengusaha, enterpreneur, dan pekerja yang siap bersaing dan berkompetisi di dunia kerja global. 

 

"Kementerian Agama mengundang seluruh anak-anak Indonesia untuk mengikuti seleksi tersebut," tegasnya. 

 

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang SNPDB ini, masyarakat dapat mengunjungi https://snpdb-madrasah.kemenag.go.id.


Editor: Abdul Manap


Nasional Terbaru