Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Gus Hasan Ajak Nahdliyin Jawa Barat Laksanakan Shalat Sunat Idul Adha di Rumah

Gus Hasan Ajak Nahdliyin Jawa Barat Laksanakan Shalat Sunat Idul Adha di Rumah
Ketua PWNU Jawa Barat KH Hasan Nuri Hidayatullah (Foto: Istimewa)
Ketua PWNU Jawa Barat KH Hasan Nuri Hidayatullah (Foto: Istimewa)

Karawang, NU Online Jabar 
Ketua PWNU Jawa Barat KH Hasan Nuri Hidayatullah menyampaikan bahwa pihaknya mendukung keputusan pemerintah terkait peniadaan Shalat Sunat Idul Adha berjamaah pada situasi PPKM Darurat.

“Ini  harus didukung semua pihak,” katanya Senin (19/7), “Nahdliyin insyaallah mengikuti apa yang dikatakan PBNU yang juga mendukung untuk tidak melaksanakan Shalat Sunat Idul Adha berjamaah,” tambahnya. 

Menurut kiai yang akrab disapa Gus Hasan ini, keputusan pemerintah itu harus disikapi dengan arif karena demi kepentingan yang lebih luas. Pasalnya, shalat sunat Idul Adha bisa dilakukan di rumah masing-masing bersama keluarga. 

“Tujuannya demi kemaslahatan bersama, demi keselamatan seluruh masyarakat, termasuk kita dan keluarga dari penularan Covid-19 yang masih cukup tinggi di Indonesia, termasuk di tiap daerah di Jawa Barat,” tambahnya.  

Kiai yang juga Ketua Badan Pengurus Yayasan Pembina Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung ini menambahkan, penularan Covid-19 sudah terbukti di mana-mana bisa menyebabkan kematian, di sisi lain, kalaupun kita terkena rumah sakit sudah penuh sehingga bisa jadi tidak tertolong. 

Memang, lanjutnya, urusan nyawa adalah urusan Allah SWT, tapi kita diwajibkan untuk menjaga diri dan terhindar dari penyebab kematian. 

“Sekali lagi, saya ajak, khususnya kepada Nahdliyin Jawa Barat untuk shalat Idul Adha di rumah saja, beraktivitas dengan protokol kesehatan yang ketat. Semoga kita diselamatkan Allah dari wabah ini. Amin,” pungkasnya. 

Gus Hasan juga mengucapkan selamat Idul Idha 1442 H dengan harapan pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan bangsa Indonesa, khususnya Nahdliyin selamat dari wabah. Bagi mereka yang meninggal dunia karena wabah, ia berharap semoga Allah mengampuni segala dosanya.  

Pewarta: Abdullah Alawi

Terkait

Nasional Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×