• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 18 Juni 2024

Nasional

INFO BEASISWA

Beasiswa S1-S3 Pergunu dan Universitas KH Abdul Chalim Dibuka, Ikuti dan Cek Persyaratannya di Sini

Beasiswa S1-S3 Pergunu dan Universitas KH Abdul Chalim Dibuka, Ikuti dan Cek Persyaratannya di Sini
Beasiswa Pergunu (Ilustrasi: NU Online/freepik)
Beasiswa Pergunu (Ilustrasi: NU Online/freepik)

Bandung, NU Online Jabar
Universitas KH Abdul Chalim (UKHAC) di Mojokerto, Jawa Timur, kembali bekerja sama dengan Pimpinan Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PP Pergunu) untuk membuka pendaftaran beasiswa bagi jenjang sarjana (S1), pascasarjana (S2), dan doktoral (S3). 
 

Program beasiswa ini dirancang untuk mendukung pemuda, pelajar, dan warga Nahdliyin, baik dari dalam maupun luar negeri, dalam melanjutkan pendidikan mereka. Kolaborasi ini menekankan pentingnya pendidikan sebagai kewajiban bagi seluruh anggota masyarakat Nahdliyin, memberikan peluang bagi mereka yang ingin mengembangkan diri melalui studi lanjut di berbagai jenjang pendidikan.


"Pergunu bekerja sama dengan Universitas KH Abdul Chalim, Pacet, Mojokerto, merancang program wajib kuliah bagi pemuda, pelajar dan santri berlatar belakang Nahdliyin dari dalam maupun luar negeri, dengan memberikan beasiswa sarjana (S1), Pascasarjana (S2), dan Doktoral (S3)," demikian bunyi surat edaran yang diterima NU Online, pada Senin (20/5/2024). 


Beasiswa ini mencakup berbagai fasilitas seperti bebas uang gedung, bebas SPP selama menempuh studi, bebas biaya asrama pesantren, dan bebas biaya pengajian pesantren.
 

Sosialisasi beasiswa dalam dan luar negeri berlangsung pada 10 hingga 20 Mei 2024. Pendaftaran tingkat PW Pergunu se-Indonesia resmi dibuka tanggal 20 Mei sampai dengan 10 Juni 2024. 


Berikutnya, seleksi berkas tingkat PW Pergunu, tes akademik, ke-NU-an, dan tes kepesantrenan nasionalisme (baca tulis Al-Qur'an shalat, dan lainnya) berlangsung 21 Mei hingga 23 Mei 2024. 
 

Kemudian pada 20 Juni hingga 5 Juli 2024, hasil seleksi tingkat PW Pergunu dikirimkan melalui surat resmi PW kepada Sekretariat PP dengan scan berkas lampiran persyaratan khusus melalui email [email protected]. 


Selanjutnya, pada minggu kedua bulan Juli 2024 akan diadakan tes ujian masuk Universitas KH Abdul Chalim. Pengumuman kelulusan Universitas KH Abdul Chalim pada 5 Agustus 2024. Lalu peserta yang lolos melakukan daftar ulang dan lapor diri di kampus UKHAC dengan membawa berkas asli dan salinan persyaratan khusus.


1. Calon mahasiswa beraqidah Islam Ahlussunnah wal Jama'ah, dan Cinta Tanah Air 
2. Calon mahasiswa memiliki kompetensi membaca Al-Qur'an dengan tartil dan fasih 
3. Calon mahasiswa mampu menulis huruf Arab dengan baik 
4. Terdaftar sebagai Anggota Pergunu di SIMAS PERGUNU di www.pergunu.or.id, dibuktikan dengan kepemilikan nomor anggota berbasis SIMAS PERGUNU 
5. Calon Mahasiswa direkomendasikan oleh Pengurus Wilayah Pergunu setempat dan mengetahui PWNU setempat

 

6. Calon mahasiswa memiliki kelakuan baik, dibuktikan dengan surat keterangan dari kepolisian setempat 
7. Tidak boleh menikah saat menempuh studi 
8. Tidak tinggal di luar asrama dengan alasan apapun 
9. Selalu mengikuti program pendalaman keislaman (ngaji kitab kuning) sesuai jadwal yang diberikan pesantren 
10. Calon mahasiswa terdaftar sebagai peserta BPJS    
   
 

Persyaratan khusus 
1. Mengisi formulir pendaftaran 
2. Mengisi Surat Pernyataan Kesanggupan Mengikuti Program Kampus dan Pesantren 
3. Untuk Program S1: sertakan Foto Copy Ijazah dan SHB (surat hasil belajar) terakhir, legalisir, (SMA/SMK/MA/Sederajat) 
3 lembar bagi yang sudah punya 
4. Untuk Program S2: sertakan Foto Copy Ijazah S1 dan Nilai SKS, dilegalisir, serta capture tanda terdaftar di Forlap Dikti, atau surat keterangan dari perguruan tinggi asal sedang proses didaftarkan dalam Forlap Dikti 
5. Untuk Program S3: sertakan Foto Copy Ijazah S1, S2 dan Nilai SKS, dilegalisir, serta capture tanda terdaftar di Forlap Dikti, atau surat keterangan dari perguruan tinggi asal sedang proses didaftarkan dalam Forlap Dikti 


6. Bagi yang belum mempunyai Ijazah, sementara dengan SK Lulus dari kepala/rektor sekolah/madrasah/perguruan tinggi, dengan ketentuan maksimal 1 bulan setelah diterima di IKHAC harus sudah menyampaikan Foto Copy Ijazah dan SHB (surat hasil belajar) terakhir, legalisir 
7. Foto copy KTP dan Kartu Keluarga @3 Lembar 
8. Foto Copy kartu BPJS 
9. Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kepolisian setempat 
10. Pas Photo ukuran 3X4 sebanyak 2 Lembar dan ukuran 4x6 sebanyak 4 lembar 
11. Lulus seleksi masuk, dibuktikan dengan SK mendapatkan beasiswa dari PP Pergunu 


Daftar pilihan jurusan di masing-masing jenjang pendidikan, formulir pendaftaran, dan surat pernyataan calon mahasiswa bisa dicek dan diunduh di sini (input pdf). 


Untuk informasi lengkapnya, calon pelamar beasiswa bisa mengakses laman www.pergunu.or.id atau menghubungi narahubung di nomor: 0856-4913-7649 (Moejafar).


Nasional Terbaru