• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 16 April 2024

Majalengka

PCNU Majalengka Gelar Konfercab pada 30 Desember Mendatang, Ini Rangkaian Acaranya

PCNU Majalengka Gelar Konfercab pada 30 Desember Mendatang, Ini Rangkaian Acaranya
Gedung PCNU Majalengka (Foto: istimewa)
Gedung PCNU Majalengka (Foto: istimewa)

Majalengka, NU Online Jabar
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Majalengka bersiap-siap untuk menyelenggarakan Konferensi Cabang (Konfercab) ke-VIII yang akan berlangsung di Gedung Islamic Centre Majalengka pada 30 Desember 2023 mendatang. Acara ini tidak hanya akan menentukan ketua PCNU yang baru, tetapi juga akan diisi dengan beragam kegiatan untuk memeriahkan acara tersebut.


Ketua Panitia Konfercab, KH Zaenal Muhyidin, mengungkapkan beberapa agenda strategis yang akan dijalankan pada Konfercab ke-8. Acara akan dimulai dengan kegiatan doa bersama, termasuk tawasul dan istighotsah yang akan dipimpin oleh tokoh NU asal Majalengka, yaitu KH Sarkosi Subki dan KH Abdul Rasyid. 


"Nantinya pada doa bersama tak hanya untuk kelancaran dan kesuksan Konfercab, namun juga akan mengangkat doa agar pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan damai, serta mendoakan Negara Palestina segera merdeka dari penjajahan zionis Israel," katanya


Setelah doa bersama, acara akan dilanjutkan dengan pembukaan yang menampilkan rangkaian kegiatan untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan ke-NU-an. 


“Rangkaian acara ini meliputi pembacaan ayat suci Alquran, Sholawat Nabi, menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Subbanul Wathon, serta aksi selebrasi pasukan Banser untuk menambah semarak acara,” terangnya


"Baru setelah itu, ada sambutan-sambutan dari tokoh-tokoh NU seperti KH Dedi Mulyadi (Ketua PCNU Kab. Majalengka), KH Juhadi Muhammad (Ketua PWNU Provinsi Jawa Barat), dan Tausiah Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf,” imbuhnya


Penjabat (Pj) Bupati Majalengka, Dr Dedi Supandi, dijadwalkan akan hadir untuk secara resmi membuka acara Konfercab NU Majalengka. Selain itu, acara akan menyajikan Talk Show dengan tema "Menggagas Peta Jalan NU ke Depan dari Berbagai Sudut Pandang," yang akan melibatkan sejumlah panelis terkemuka.


"Selesai acara pembukaan bada dzuhur, akan dilanjutkan Sidang Komisi-komisi yang masuk pada pleno II. Di antaranya Komisi A mengupas masalah keorganisasian, Komisi B Program Kerja, Komisi C Bahtsul Masail, dan Komisi D Rekomendasi," jelas Kiai Zaenal.


Setelah sholat Ashar, akan dilaporkan pertanggungjawaban pengurus PCNU PCNU periode 2018-2023 sampai waktu Magrib. Kemudian, setelah ba'da isya, acara akan dilanjutkan dengan Sidang Pleno IV yang membahas tata tertib pemilihan, penetapan Ahlul Halli Wal ‘Aqdi, pemilihan Rois Syuriah oleh Ahlul Halli Wal ‘Aqdi.


"Terakhir, akan ada pemilihan Ketua Tanfidziyah sekaligus penetapan ketua terpilih PCNU dan penetapan tim formatur," tambahnya.


Sementara itu, Ketua PCNU Kabupaten Majalengka, KH Dedi Mulyadi, menegaskan bahwa Konfercab NU ini menjadi momentum penting bagi jajaran kepengurusannya untuk mempertanggungjawabkan kinerjanya selama masa amanah. 


Konfercab juga merupakan forum tertinggi NU Majalengka yang dihadiri ratusan delegasi dan tamu undangan dari berbagai lapisan masyarakat.


"Tujuan Konfercab ini yang paling terkenal itu melakukan pertanggungjawaban pengurus NU, menyusun program kerja PCNU serta memilih Ketua PCNU masa khidmat 2018-2023," ujarnya.


"Insha Allah nanti yang hadir di Konfercab itu antara lain, utusan dari MWCNU Kecamatan, Lembaga, Badan Otonom, serta jajaran PCNU dan tamu undangan lainya seperti unsur Pj Bupati, Forkopimda, pengurus PBNU, PWNU, dll," tutupnya.


Majalengka Terbaru