• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Rabu, 21 Februari 2024

Kota Sukabumi

Sekolah Bahtsul Masail ke-10 LBMNU Jawa Barat Pecahkan Rekor dengan Peserta Terbanyak

Sekolah Bahtsul Masail ke-10 LBMNU Jawa Barat Pecahkan Rekor dengan Peserta Terbanyak
Suasana gelaran Sekolah Bahtsul Masail ke-10 LBMNU Jawa Barat di Pondok Pesantren Ma’arif Assobariyah Kota Sukabumi pada Sabtu, 25 November 2023
Suasana gelaran Sekolah Bahtsul Masail ke-10 LBMNU Jawa Barat di Pondok Pesantren Ma’arif Assobariyah Kota Sukabumi pada Sabtu, 25 November 2023

Sukabumi, NU Online Jabar
Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (LBMNU) Jawa Barat sukses menggelar Sekolah Bahtsul Masail Angkatan ke-10 di Pondok Pesantren Ma’arif Assobariyah Kota Sukabumi pada Sabtu, 25 November 2023. Acara yang diselenggarakan bersama LBMNU Kota Sukabumi ini mengusung tema "Mencetak Kader Aktivis Bahtsul Masail yang Handal dan Tangguh."


Tiga pemateri atau narasumber telah memberikan wawasan yang mendalam kepada peserta. Pertama, KH Muthiullah membahas sejarah Bahtsul Masail dan Istinbath Hukum Ala NU. Kedua, Kiai Rifqi AH menyampaikan materi seputar Kutub Mu’tabaroh. Sementara itu, KH Ahmad Yazid Fattah membahas teknis Bahtsul Masail dan Praktik Memecahkan Masalah.


Acara juga dihadiri oleh tokoh-tokoh NU lainnya, termasuk Rais Syuriyah PCNU Kota Sukabumi KH Abdullah Fauzi, Ketua PCNU Kota Sukabumi KH Anas Syakirulloh, dan Pengasuh Pondok Pesantren Ma’arif Assobariyah KH Ahmad Nawawi Sadili.


Salah satu hal menarik dari Sekolah Bahtsul Masail kali ini adalah pencapaian rekor. SBM Angkatan ke-10 ini mencatatkan diri sebagai SBM dengan Peserta Terbanyak dalam periode kegiatan SBM dari 04 Februari hingga 18 November. Jumlah peserta yang terdata mencapai 308 orang, berasal dari santri Pondok Pesantren dan sejumlah pengurus NU di tingkat Kota dan Kecamatan. Antusiasme yang tinggi dari para peserta memberikan nuansa semangat dan fokus pada kegiatan tersebut.


Kegiatan dibagi menjadi dua sesi, dengan istirahat pada waktu zuhur. Selain mendapatkan ilmu dari narasumber, peserta SBM juga mendapatkan akses gratis untuk membaca ribuan Kitab Kuning melalui Barcode G-drive yang ditampilkan di akhir sesi acara. Inisiatif LBMNU Jawa Barat ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan peserta dan membuka akses lebih luas terhadap literatur keagamaan.


Acara berlangsung dengan sukses, mengukuhkan posisi LBMNU Jawa Barat sebagai lembaga yang aktif dalam membentuk kader-kader Bahtsul Masail yang berkualitas dan mampu menjadi motor penggerak keberlanjutan NU di berbagai lapisan masyarakat.
 


Kota Sukabumi Terbaru