• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 16 April 2024

Kota Sukabumi

70 Peserta Ikuti Makesta IPNU-IPPNU Warudoyong Kota Sukabumi

70 Peserta Ikuti Makesta IPNU-IPPNU Warudoyong Kota Sukabumi
Makesta IPNU-IPPNU Warudoyong Sukabumi
Makesta IPNU-IPPNU Warudoyong Sukabumi

Sukabumi, NU Online Jabar
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi menggelar Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) di Aula Aku cantik Warudoyong Kota Sukabumi, Ahad (14/01) lalu.


Kegiatan yang diikuti sebanyak 70 peserta itu, terdiri dari 35 peserta IPNU dan 35 Peserta IPPNU mengusung tema "Menumbuhkan generasi pelajar yang bermoral dan berwawasan luas". 


Ketua Pelaksana Rekan Budianto menjelaskan bahwa Makesta merupakan jenjang kaderisasi formal pertama yang sangat fundamental dalam memasuki gerbang organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU). 
 
Menurutnya, sebagai badan otonom (Banom) dari Nahdlatul Ulama (NU), Makesta diharapkan mampu mencetak kader yang mampu menjaga nilai nilai ke NU-an di tengah masyarakat serta sebagai sarana syiar dan dakwah .


Sementara itu, Ketua IPNU Kota Sukabumi Robi Nurjaman menerangkan, tujuan utama kegiatan Makesta ialah memberikan uswah literasi Ke NU-an dan penguatan nilai wawasan kebangsaan serta mengenal IPNU-IPPNU secara lebih dekat kepada para calon anggota.


Target dari calon peserta sendiri, kata Obet sapaan akrabnya, santri dan pelajar di Wilayah Kecamatan warudoyong.


Selain itu, kata dia, Makesta juga memberi pemahaman keberanian pentingnya organisasi. Memberikan motivasi kepada santri dan pelajar, menanamkan ideologi Aswaja An-Nahdliyah, dan memberi stimulus peserta untuk selalu tekun dalam belajar, berjuang, dan bertaqwa. 

"Makesta adalah gerbang dari awal proses menempa diri menjadi bagian dari IPNU IPPNU. Alhamdulillah sangat luar biasa dan saya liat sangat antusias makesta kali ini yang diikuti oleh kalangan santri, dan pelajar," ujarnya


"Outputnya ialah setiap insan pelajar santri dan mahasiswa/i mampu berwawasan luas terhadap IPNU-IPPNU dan ke NU-an itu sendiri dan dapat menjunjung tinggi moralitas sesuai dengan tema yang diusung," bebernya


"Saya rasa ini penting untuk ditanamkan secara dini karena bagaimanapun IPNU IPPNU adalah salah satu tonggak estafet daripada penerus NU dimasa mendatang. Mudah mudahan Allah meridhoi disetiap langkah laju gerak IPNU IPPNU agar senantiasa dapat melahirkan pribadi pelajar yang tangguh, cerdas dan, berilmu luhur," sambungnya.


Dalam kesempatan yang sama, hadir dan memberikan sambutan Ketua Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan warudoyong KH. Irfan Aminullah, ia berharap kegiatan Makesta mampu menjadi ruang pembentukan karakter santri NU yang militan.


“Makesta PAC IPNU IPPNU warudoyong kali ini mudah mudahan bisa mencetak pelajar dan santri NU yg militan dan berwawasan, sesuai dengan perkembangan dan tuntutan jaman, dan bisa Terus bersinergi bersama,” ungkapnya.


“Saya pesankan bahwa kegiatan positif seperti ini harus selalu didukung oleh semuanya demi melanjutkan estafet NU di masa yang akan datang, karena terdapat nilai-nilai penanaman kekuatan akidah dan ideologi ala Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah,” tutupnya.


Pewarta: Amus Mustaqim
 


Kota Sukabumi Terbaru