• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 26 Februari 2024

Kota Bogor

Cara PRNU Curug dan IRMADA Cideres Jaga Kearifan Lokal

Cara PRNU Curug dan IRMADA Cideres Jaga Kearifan Lokal
Cara PRNU Curug dan IRMADA Cideres Jaga Kearifan Lokal
Cara PRNU Curug dan IRMADA Cideres Jaga Kearifan Lokal

Kota Bogor, NU Online Jabar
Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Curug, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor dan Ikatan Remaja Masjid Nurul Huda (IRMADA) Cideres yang berada di RT 02, RW 06 Kelurahan Curug, menggelar kajian mingguan dengan tema 'Rajaban' pada Jumat (9/2/2024) malam. Kegiatan yang dihadiri pemuda dan pemudi tersebut bertempat di Masjid Jami Nurul Huda.


Salah seorang Wakil Rais Syuriah PRNU Curug Ustadz Abd Mun'im mengatakan bahwa rajaban merupakan tradisi dan kearifan lokal. 


"Alhamdulillah para orang tua kita mendapatkan istilah rajaban dari mereka yang memiliki sanad keilmuan jelas, mengikuti Aswaja An-Nahdliyah, dan hingga kini tetap lestari dan dijalankan,"


Ustadz Mun'im menambahkan, bahwa saat mendengar kata rajaban maka akan teringat dengan peristiwa yang luar biasa yakni yang dialami oleh Baginda Nabi Muhammad SAW. 


"Nabi Muhammad SAW di Isra dan Mir'ajkan oleh Allah SWT. Dengan Maha Besar-Nya yang memperjalankan hamba-Nya. Dari Masjid Haram ke Masjid Aqsa yang penuh berkah, cerita ini diabadikan dalam Al-Qur'an maka benar, tidak ada keraguannya," jelas pria yang juga merupakan Pembina Asrama Pesantren Al-Hamidiyah. 


Acara diawali dengan senandung sholawatan dengan tembang sunda, MC oleh Fahriza Syua'ra, pembacaan Al-Qur'an oleh Muhammad Nethar dan diakhiri doa oleh Andre Septian. 


Sebagai informasi, Masjid Jami Nurul Huda dipimpin oleh Rais Syuriah PRNU Curug Ustadz Muhammad Zouharuddin Malik memiliki agenda mingguan uakni pengajian kaum bapak pada Sabtu malam dan pengajian pemuda pada Jumat malam. 


Kota Bogor Terbaru