• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 16 April 2024

Kota Bandung

14-16 Oktober Gusdurian Agendakan Temu Nasional, Dengan Beberapa Rangkaian Acara

14-16 Oktober Gusdurian Agendakan Temu Nasional, Dengan Beberapa Rangkaian Acara
14-16 Oktober Gusdurian Agendakan Temu Nasional, Dengan Beberapa Rangkaian Acara
14-16 Oktober Gusdurian Agendakan Temu Nasional, Dengan Beberapa Rangkaian Acara

Bandung, NU Online Jabar
Jaringan Gusdurian akan menggelar Temu Nasional (Tunas) di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, pada 14-16 Oktober 2022. 


Agenda ini akan dihadiri oleh 1500 peserta yang terdiri dari keluarga, sahabat, dan murid almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), tokoh-tokoh agama, penggerak dari komunitas Gusdurian se-Indonesia, lembaga jaringan dalam jaringan Gusdurian, jejaring lintas iman, serta jejaring masyarakat sipil. 


Pendaftaran untuk menjadi peserta dalam pertemuan akbar bertema ‘Menguatkan Integritas Gerakan, Meneguhkan Spirit Kebangsaan’ ini dibuka, mulai Kamis (1/9/2022) hingga 30 September 2022 mendatang. Seluruh calon peserta bisa mendaftar melalui tautan www.tunas.gusdurian.net. 


Sebagaimana diberitakan NU Online, Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid mengharapkan seluruh penggerak Gusdurian se-Indonesia dapat meluangkan waktu dan semangat agar bisa mengikuti Tunas Gusdurian 2022 ini. Tujuannya untuk berkumpul merayakan kebersamaan dan memperkuat semangat, serta mengisi kembali daya spirit perjuangan Gusdurian.  


“Dengan pertemuan ini, saya berharap kita semakin meneguhkan semangat kita dan juga mampu menjaga soliditas gerakan kita ke depannya,” ungkap Alissa yang juga Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu dalam video yang diterima NU Online, Selasa (30/8/2022).  


Tunas Gusdurian 2022 ini diselenggarakan juga bertujuan untuk menyusun langkah dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada di depan. Alissa menyebut, tantangan Indonesia saat ini semakin besar, terutama menjelang tahun politik pada 2023 dan 2024. 


“Banyak hal yang harus kita lakukan, banyak langkah yang harus kita susun. Penting untuk teman-teman (penggerak Gusdurian) semua hadir, supaya kita bisa meneguhkan, mengonsolidasikan langkah kita, dan kita bisa meneguhkan spirit kebangsaan kita,” ungkap putri sulung Gus Dur ini. 


Rangkaian kegiatan Tunas Gusdurian 2022 
Tunas Gusdurian 2022 akan didahului oleh sayembera esai, diskusi publik, dan agenda ziarah ke makam Gus Dur di Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Sementara itu, terdapat beberapa agenda yang akan dilaksanakan.  


Pertama, forum penggerak Gusdurian. Di dalam forum ini, para penggerak akan mendiskusikan mengenai isu prioritas dan tata kelola jaringan, serta menyusun rekomendasi dan resolusi Jaringan Gusdurian.  


Kedua, kelas berbagi inspirasi. Di antaranya akan ada pemaparan tentang cara mengembangkan entrepreneurship atau kewirausahaan, konten digital, fundrising atau penggalangan dana, advokasi, ekoenzim, dan parenting ala Gus Dur.  


Ketiga, Tunas Gusdurian 2022 akan dimeriahkan oleh panggung budaya dan konser perdamaian. Keempat, ada Gusdurian Expo yang akan menampilkan berbagai produk UMKM. Selain itu, akan ada informasi dan edukasi tentang komunitas Gusdurian, jejaring lintas iman, dan NGO atau lembaga swadaya masyarakat.


Editor: Abdul Manap


Kota Bandung Terbaru