• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Minggu, 14 April 2024

Keislaman

Bacaan Doa saat Menerima Zakat Fitrah Lengkap dengan Latin dan Terjemah

Bacaan Doa saat Menerima Zakat Fitrah Lengkap dengan Latin dan Terjemah
Bacaan Doa saat Menerima Zakat Fitrah Lengkap dengan Latin dan Terjemah. (Ilustrasi/istimewa)
Bacaan Doa saat Menerima Zakat Fitrah Lengkap dengan Latin dan Terjemah. (Ilustrasi/istimewa)

Bandung, NU Online Jabar
Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap Muslim baik laki-laki maupun perempuan. Zakat fitrah disalurkan kepada salah satu dari delapan golongan penerima zakat (mustahiq) yang sudah ditetapkan dalam Islam, yaitu fakir, miskin, amil (petugas zakat), muallaf (orang baru masuk Islam), budak, orang yang terlilit utang, orang yang sedang dalam jalan Allah, dan orang yang sedang dalam perjalanan jauh yang bukan maksiat.


Orang yang membayar zakat (muzakki) hendaknya melafalkan niat terlebih dahulu sebelum menunaikan zakat karena niat merupakan sesuatu yang wajib dilakukan dalam menunaikan zakat. Niat disyaratkan berada dalam hati, dan dianjurkan untuk melafalkannya semata untuk memantapkan.


Sementara itu bagi penerima zakat hendaklah ia mendoakan pemberi zakat agar apa yang telah diberinya mendapat balasan pahala dari Allah swt dan harta yang dimilikinya mendapat keberkahan dengan lafal doa sebagai berikut. 


Pertama, doa saat menerima zakat menurut Habib Hasan Ahmad Muhammad Al Kaf 


ﺁﺟَﺮَﻙ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﻋْﻄَﻴْﺖَ، ﻭَﺑَﺎﺭَﻙَ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﺑْﻘَﻴْﺖَ ﻭَﺟَﻌَﻠَﻪُ ﻟَﻚَ ﻃَﻬُﻮْﺭًﺍ
   
Âjarakallâhu fî mâ a’thaita wa bâraka fî mâ abqaita wa ja’alahu laka thahûran   

Artinya, “Semoga Allah memberikan pahala atas apa yang engkau berikan, dan semoga Allah memberikan berkah atas harta yang kau simpan dan menjadikannya sebagai pembersih bagimu.” (Habib Hasan Ahmad Muhammad al-Kaf, Taqrîrâtus Sadîdah, 2003: 418-420) Wallhu a’lam.


Kedua, doa saat menerima zakat menurut Syekh Nawawi Banten 


 طَهَّرَ اللهُ قَلْبَكَ فِي قُلُوْبِ الأَبْرَارِ وَزَكَّى عَمَلَكَ فِي عَمَلِ الأَخْيَارِ وَصَلَّى عَلَى رُوْحِكَ فِي أَرْوَاحِ الشُّهَدَاءِ 


Thahharallāhu qalbaka fī qulūbil abrār, wa zakkā ‘amalaka fī ‘amalil akhyār, wa shallā ‘alā rūhika fī arwāhis syuhadā’. 


Artinya, “Semoga Allah menyucikan hatimu pada hati para hamba-Nya yang abrar. Semoga Allah bersihkan amalmu pada amal para hamba-Nya yang akhyar. Semoga Allah bershalawat untuk rohmu pada roh para hamba-Nya yang syahid.”


Kedua doa di atas dapat dijadikan lafal doa bagi para mustahik zakat fitrah. Semoga Allah Swt menerima zakat para muzakki dan mengabulkan doa dari para mustahik


Editor: Agung Gumelar


Keislaman Terbaru