Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Bacaan Doa Mensyukuri Nikmat Lengkap dengan Latin dan Terjemah

Bacaan Doa Mensyukuri Nikmat Lengkap dengan Latin dan Terjemah
Bacaan Doa Mensyukuri Nikmat Lengkap dengan Latin dan Terjemah. (Ilustrasi/freepik).
Bacaan Doa Mensyukuri Nikmat Lengkap dengan Latin dan Terjemah. (Ilustrasi/freepik).

Bandung, NU Online Jabar

Allah Swt telah memberikan banyak sekali kenikmatan kepada kita semua. Oleh karenanya, bacaan doa mensyukuri nikmat ini menjadi doa yang harus kita ketahui dan hafalkan. Karena barang siapa yang bersyukur maka Allah akan memberikan kenikmatan yang lebih kepada dirinya. 

 

Allah Swt berfirman dalam Al-Quran Surat Ibrahim ayat 7:

 

‎لَئِنْ شَكَرْتُمْ لاَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ  


Artinya: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni`mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni`mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".


Sebagaimana kita ketahui dan rasakan, betapa besar dan luasnya nikmat yang telah Allah Swt berikan kepada kita semua. Mulai dari nikmat sehat, umur, rezeki, jodoh, oksigen hingga nikmat kebebasan yang kita rasakan. 


Oleh itu jangan sampai kita menjadi orang lalai mengucap syukur atas nikmat yang Allah berikan. Perbanyak berdoa dan bersyukur agar kita terhindar dari azab yang pedih dan semoga dengan bersyukur nikmat kita semakin bertambah sebagaimana firman-Nya. 


Berikut ini lafal bacaan doa mensyukuri nikmat: 

 

‎رَبِّ أَوْزِعْنِىٓ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ ٱلَّتِىٓ أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَىٰ وٰلِدَىَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صٰلِحًا تَرْضَىٰهُ وَأَدْخِلْنِى بِرَحْمَتِكَ فِى عِبَادِكَ ٱلصّٰلِحِينَ


Robbi auzi’nii an asykuro ni’matakal latii an’amta ‘alayya wa ‘alaa waalidayya wa an a’mala shoolihan tardhoohu wa adkhilnii birohmatika fii ‘ibaadikash shoolihiin.


Artinya, “Ya Tuhanku, berikanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal shaleh yang Engkau ridhoi dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu kedalam golongan hamba-hamba-Mu yang shaleh.” (QS. An-Naml: 19).


Mengutip laman NU Online, terdapat tiga cara untuk mengungkapkan rasa syukur diantaranya yakni pertama dengan aktivitas lisan seperti mengucap ‘alhamdulillah’ atau hamdalah. Kedua, melalui aktivitas hati yang bisa diwujudukan dengan perasaan senang, ikhlas, dan rela dengan apa yang sudah ada. Ketiga, dengan aktivitas fisik seperti berbagi kepada sesama. 

 

Demikian bacaan doa menyukuri nikmat yang dapat diamalkan. Semoga bermanfaat. Wallahu a’alam.


​​​​​​​Pewarta: Agung Gumelar

Doa Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×