Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

LPBINU Jabar Gelar Lanjutan Workshop Pengelolaan Risiko Bencana di Cikalong

LPBINU Jabar Gelar Lanjutan Workshop Pengelolaan Risiko Bencana di Cikalong
Workshop Pengelolaan Risiko Bencana LPBINU Jabar di Desa Sindangjaya, Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (20/9/2022).
Workshop Pengelolaan Risiko Bencana LPBINU Jabar di Desa Sindangjaya, Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (20/9/2022).

Kabupaten Tasikmalaya, NU Online Jabar
Menindaklanjuti kegiatan sebelumnya di Desa Sindangjaya, Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Jawa Barat kembali menyelenggarakan workshop dengan tema Penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana (RPB), Rencana Penanggulangan Kedaruratan Bencana (RPKB) dan pembuatan Media Publikasi. 

 

Kegiatan ini merupakan rangkaian program Pengelolaan Risiko Bencana Berbasis Masyarakat/Komunitas yang sudah berjalan sejak bulan Maret dengan dukungan dari Save the Children Indonesia. 

 

Menurut Ketua LPBINU Jabar, Dadang Sudardja menjelaskan, hasil akhir dari workshop Desa Sindangjaya memiliki Draft RPB dan RPKB yang nantinya akan dibawa ke Lokakarya untuk finalisasi dan untuk selanjutnya akan ditetapkan menjadi dokumen resmi Pemerintah Desa.

 

“Lokakarya sendiri akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2022  di tempat yang sama yaitu di Aula Kantor Desa Sindangjaya Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya,” terang Dadang, Selasa (20/9/2022). 

 

Kegiatan workshop ini diikuti oleh 60 orang peserta yang terdiri dari perwakilan anak dan remaja, kelompok perempuan, perwakilan pemerintah desa, tokoh masyarakat, Karang Taruna dan PKK, di Aula Kantor Desa Sindangjaya.

 

Dadang juga mengungkapkan bahwa hasil dari kegiatan ini nantinya, diharapkan para peserta mampu menyusun Peta Kajian Risiko Bencana, Rencana Penanggulangan Bencana, Rencana Penanggulangan Kedaruratan Bencana, serta media publikasi. 

 

Sebagai informasi program Pengelolaan Risiko Bencana Berbasis Komunitas/Masyarakat LPBINU Jabar ini sedang berjalan di Desa Sindangjaya, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya dan Desa Mulyasari, Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang. 

 

Pewarta: Agung Gumelar

Terkait

terpopuler

rekomendasi

topik

×