• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Kamis, 23 Mei 2024

Kabupaten Sukabumi

Bazar Gerakan Pangan Murah Solusi PCNU Kabupaten Sukabumi di Tengah Kenaikan Harga Bahan Pokok 

Bazar Gerakan Pangan Murah Solusi PCNU Kabupaten Sukabumi di Tengah Kenaikan Harga Bahan Pokok 
Suasana Gerakan Pangan Murah PCNU Kabupaten Sukabumi (Foto: Amus Mustaqim)
Suasana Gerakan Pangan Murah PCNU Kabupaten Sukabumi (Foto: Amus Mustaqim)

Sukabumi, NU Online Jabar
Di tengah kenaikan harga bahan pokok, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sukabumi mengambil langkah untuk memberikan solusi melalui gerakan pangan murah, sejalan dengan momentum berkah Ramadhan. Acara ini diselenggarakan di Halaman Gedung PCNU Kabupaten Sukabumi pada hari Senin, (8/3/24).


Acara ini melibatkan Badan Pangan Nasional (Bapanas), Bulog, dan Dinas Ketahanan Pangan. Selain itu, juga melibatkan empat lembaga di bawah naungan PCNU Kabupaten Sukabumi yaitu Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU), Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU), Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU), dan Lembaga Zakat Infaq Sodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU).


Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Sukabumi, KH ES Mubarok, mengatakan gerakan pangan murah  ini menyediakan beras murah dengan harga 10,600 per Kg dan sembako. 


Khusus untuk sembako beras masyarakat dibatasi hanya bisa belanja dua karung beras dengan per karung berisi 5 Kg beras. Sementara untuk sembako lainnya tidak dibatasi seperti telur, minyak, daging ayam, sayuran.


Lebih lanjut dirinya mengatakan, kegiatan Pasar Pangan Murah ini sangat baik karena membantu keluarga dari kalangan ekonomi menengah ke bawah untuk mendapatkan barang kebutuhan pada Bulan Ramadhan dengan harga yang sangat terjangkau


"Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mensukseskan acara ini. Semoga ke depan kita bisa menyelenggarakan acara seperti ini dengan target yang lebih besar," tutur Kiai Ece, begitu ia akrab disapa, dalam keterangan singkatnya kepada Jurnalis NU Online Jabar, Selasa (9/3).


Ketua pelaksana Bazar, yang juga menjabat sebagai Ketua LTMNU M.Sulaiman Nur, menjelaskan bahwa bazar tersebut bertujuan untuk, membantu masyarakat khusus sekitar PCNU Kabupaten Sukabumi. 


Berkaitan dengan bulan Ramadhan, kata Sulaiman, kebutuhan pangan di masyarakat sangat mendesak. "Semoga dengan adanya kegiatan (bazar) ini dapat membantu meringankan mereka yang harus belanja jauh jadi lebih efektif," katanya. 


Sulaiman menyebut, gerakan pangan murah ini menyediakan berbagai macam bahan pangan. Selain yang pokok tadi, kata dia, tersedia telur, minyak goreng, gula pasir, gula aren, dan sayur mayur yang dikemas dalam bazar UMKM..


Dalam acara yang juga dilakukan bagi-bagi takjil dan Sosialisasi Gerakan Infaq Sodaqoh Masjid (Gismas) itu, kata Sulaiman, panitia menyediakan sebanyak 1000 kupon, semua habis tak tersisa. Ini artinya, kata dia, bazar pangan seperti ini ditunggu oleh masyarakat. 


"Karena ini mencakup 47 kecamatan se Kabupaten Sukabumi, masyarakat yang berdatangan dari berbagai wilayah diantaranya Pajampangan, Pelabuhan Ratu dan banyak lagi lapisan masyarakat lain nya," tandasnya.


Pewarta: Amus Mustaqim
 


Kabupaten Sukabumi Terbaru