Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Perkuat Komitmen Kebangsaan Kader, PMII Cirebon Gelar PKL ke-V

Perkuat Komitmen Kebangsaan Kader,  PMII Cirebon Gelar PKL ke-V
Perkuat Komitmen Kebangsaan Kader, PMII Cirebon Gelar PKL ke-V
Perkuat Komitmen Kebangsaan Kader, PMII Cirebon Gelar PKL ke-V

Cirebon, NU Online Jabar
Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cirebon menggelar pembukaan Pelatihan Kader Lanjut (PKL) ke-V yang bertempat di Pendopo Bupati Cirebon dengan mengusung tema Komitmen Kader Mujtahid dalam Mempertahankan NKRI Rabu, (3/8).

 

Ketua PMII Cirebon, Alisa Riska Maulidiya menjelaskan bahwa, PKL ini merupakan kaderisasi formal ketiga, baik yang ada di tingkat Cabang maupun PKC.

 

"Tuhan menciptakan kesempartan hanya 1 kali. Maka dari itu, gunakanlah waktu PKL ini sebaik mungkin, karena PKL ini merupakan proses belajar dan momentum langka," ujarnya.

 

Menurutnya, PKL ini berbeda dengan kaderisasi sebelumnya yang ada di PMII.

 

"Selain itu, tema yang diusung dalam PKL ini karena memang momentum bulan Agustus yang merupakan bulan bersejarah bagi bangsa Indonesia, yakni kemeredekaan yang ke-77," kata Alisa.

 

Ia juga mengajak para kader PMII untuk berbenah, meningkatkan rasa Nasionalisme, Patriotisme, demi kemajuan bangsa Indonesia.

 

"Jangan bertanya apa yang kita dapatkan di bangsa ini, akan tetapi apa yg sudah kita lakukan untuk negeri ini," ucapnya.

 

Dalam kesempatan yang sama, perwakilan Majelis Pembina Cabang (Mabincab) PMII Cirebon Sobirin Akmil, mengucapkan terima kasih kepada bupati Cirebon yang telah memfasilitasi acara PKL ini.

 

"PMII adalah sekelompok orang-orang elit yang patut dibanggakan. Kader-kader PMII memiliki cara berpikir yabg cerdas, kretaif, serta pemahaman keislaman Aswaja yang mumpuni dengan diberkahi keindahan-keindahan beragama," katanya.

 

Ia menegaskan bahwa kader-kader PMII terkait komitmen kebangsaannya tidak diragukan lagi.

 

"Kader-kader PMII merupakan sekelompok yang menyatakan dengan keras NKRI harga mati," tegasnya.

 

Maka dari itu, kata Sobiri, tidak salah apabila Bupati Cirebon memberikan perhatian khusus kepada PMII. Karena mereka ini adalah kelompok Islam yang akan maju menjunjung tinggi moderasi beragama.

 

"Saya berharap, PMII Cirebon dapat membawa pembangunan Cirebon ke arah lebih baik lagi," tandasnya.

 

Selain itu, Ketua PKC PMII Jawa Barat Apriliana Eka Dani mengapresiasi acara PKL ini. Menurutnya, kaderisasi harus berjalan apapun kondisinya.

 

"Dalam mengikuti PKL ini harus khidmat, betul-betul tulus dan tidak dipaksa," katanya.

 

Ia menghimbau bahwa kader mujtahid harus selalu berijtihad di jalan PMII, tentu dihadapkan perubahan yang sangat nyata.

 

"Teknologi saat ini secara tidak langsung merubah cara berpikir watak dan perilaku kita. Meski demikian, kader-kader PMII tak perlu khawatir, karena sahabat-sahabat punya Aswaja dan NDP," ujar Apriliana.

 

Pria yang akrab disapa April tersebut juga mengajak kepada kader-kader PMII untuk terus berkomitmen pada nilai-nilai Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, dan UUD.

 

"Saat ini kita harus menguasai sektor yang ada dan terkonstruksi dengan nilai-nilai PMII itu sendiri," tandasnya

 

Pewarta: Sofhal Adnan
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Kabupaten Cirebon Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×