• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Kamis, 23 Mei 2024

Kabupaten Bogor

MoU RMINU Kabupaten Bogor dan Danone Hasilkan 9 Pesantren NU Dapat Bantuan Air Bersih dan Sanitasi

MoU RMINU Kabupaten Bogor dan Danone Hasilkan 9 Pesantren NU Dapat Bantuan Air Bersih dan Sanitasi
Foto Bersama Sejumlah Penerima Bantuan Air Bersih dan Sanitasi dari RMINU Kabupaten Bogor dan Danone. (Foto: NU Online Jabar/Abdul Mun'im Hasan).
Foto Bersama Sejumlah Penerima Bantuan Air Bersih dan Sanitasi dari RMINU Kabupaten Bogor dan Danone. (Foto: NU Online Jabar/Abdul Mun'im Hasan).

Kabupaten Bogor, NU Online Jabar
Ketua Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nadhatul Ulama (RMINU) Kabupaten Bogor KH Abdul Basit Mahfuf mengapresiasi bantuan berupa air bersih dan sanitasi yang merupakan aksi Ramadhan Danone yang bekerjasama dengan RMINU Kabupaten Bogor, Kamis (28/3/2024).


"Alhamdulillah dan Terima kasih kepada Danone. Sejak ditandatangani nota kesepakatan kerja sama (MoU) antara Danone Indonesia dengan Pengurus Cabang RMI-NU Kabupaten Bogor pada 18 Desember 2023, akhirnya selesai sudah realisasi  pelaksanaan pembangunannya," ucapnya saat menghadiri syukuran sekaligus serah terima bantuan yang bertempat di Ponpes Bani Harun Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor.


"Bersyukur acara terlaksana dengan baik yang dihadiri ratusan santri dan puluhan pimpinan pesantren dan tokoh agama juga hadir perwakilan dari water.org dan BPRS HIK Parahyangan," ujarnya kepada NU Online Jabar. 
 

Sementara itu, Suistainable Development Director Danone Indonesia Karyanto Wibowo berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terwujudnya bantuan dengan baik dan benar. "Saya bersyukur, bangga, dan berterima kasih kepada semua pihak. Tidak hanya karena sudah selesai dan baiknya mutu pelaksanaan bantuan, juga karena kebersamaan dan profesionalitas pelaksanaannya oleh RMI-NU dan SEP," paparnya. 


Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengungkapkan bahwa LPJ-nya setebal ini, sekitar 8-10  cm tinginya. Lengkap dengan surat pengantar laporan, historis kerja sama, juga ada berkas MoU Danone dengan RMI-NU.


"Berkas MoU RMI dengan penerima, foto awal dan akhir kegiatan pembangunan, dokumentasi nota belanja, lembar evaluasi dan saran kegiatan lanjutan, serta lainnya. Setebal berkas MK (Mahkamah Konstitusi) kayaknya ya," ujarnya. 


Wakil Bendahara RMI-NU Kabupaten Bogor, Nadia A Chairunnisa juga mengungkapkan apresiasi kepada pihak Danone. Ia menyatakan bahwa seluruh proses kegiatan kerja sama dari awal hingga peresmian ini.


"Kenapa? Karena kami ingin bekerja sama dengan baik dengan siapapun, dan mempertanggungjawabkannya dengan benar. Melalui LPJ yang lengkap dan setebal tebal ini, insya Allah menunjukkan akuntabitas dan profesionalitas. Kami berharap bisa meneruskan dan meningkatkan kuantitas dan kualitas  kerja sama semacam ini, termasuk dengan Danone dan SEP," jelasnya.


Hal senada juga disampaikan perwakilan pengurus Serikat Ekonomi Pesantren (SEP) Ustadz Ahmad Tazakka.


"Dari sisi pembangunan fisik, kami puas dan menghargai usaha para penerima bantuan. Terlebih lagi dari ketersediaan serta kualitas air yang dihasilkan. Insya Allah dapat membantu untuk thoharoh (bersuci), mandi, cuci, minum, dan kegiatan ibadah seluruh warga pesantren. Aamiin." pungkasnya. 


Sebagai informasi, kegiatan tersebut diawali dengan acara "Seminar Ekonomi dan Kesehatan Lingkungan Pesantren Serta Dukungan Perbankan Syariah: Bagaimana Memulainya?" dan diakhiri dengan buka bersama (bukber) dan penampilan marawis santri putri Ponpes Bani Harun. 


Turut hadir Bapak Karyanto Wibowo, Suistainable Development Director Danone Indonesia selaku pemberi donasi,Ketua RMINU Kabupaten Bogor H Abdul Basit Mahfuf ​​​​​​, pengurus SEP Ustadz Ahmad Tazakka, perwakilan BPRS HIK Parahyangan mewakili mitra acara syukuran, 9 pimpinan pesantren NU dan Ketua MWCNU Jasinga penerima bantuan, serta ratusan hadirin lainnya.

Pewarta : Abdul Mun'im Hasan


Kabupaten Bogor Terbaru