• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 15 April 2024

Kabupaten Bogor

Hadiri Harlah NU ke-101 di Bogor, KH Juhadi Muhammad Sebut NU Berkembang Pesat dan Sangat Terjaga

Hadiri Harlah NU ke-101 di Bogor, KH Juhadi Muhammad Sebut NU Berkembang Pesat dan Sangat Terjaga
Hadiri Harlah NU ke-101 di Bogor, KH Juhadi Muhammad Sebut NU Berkembang Pesat dan Sangat Terjaga
Hadiri Harlah NU ke-101 di Bogor, KH Juhadi Muhammad Sebut NU Berkembang Pesat dan Sangat Terjaga

Kabupaten Bogor, NU Online Jabar
Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat KH Juhadi Muhammad menghadiri peringatan Hari Lahir (Harlah) NU ke-101 yang diselenggarakan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bogor di Gedung Tegar Beriman Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bogor pada Ahad (28/1/2024). 


Dalam kesempatan tersebut, ia mengatakan bahwa NU menurut penanggalan Hijriah pada tahun 2024 berusia 101 tahun. Ia menyebutkan bahwa organisasi ini berdiri pada tanggal 16 Rajab 1344 H atau bertepatan dengan 31 Januari 1926 M.


"NU adalah organisasi Islam terbesar di Indonesia yang bergerak di bidang keagamaan, pendidikan, sosial dan ekonomi. Sejak awal pendiriannya, NU dari waktu ke waktu berkontribusi besar dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan kini para anggotanya terlibat aktif dalam pembangunan di berbagai bidang," jelasnya.


Kiai Juhadi menuturkan, NU berkembang pesat dan sangat terjaga. Ia menilai, kini NU menjadi organisasi Islam terbesar di Indonesia dan hidup berdampingan dengan berbagai kelompok Islam lainnya.


"Spirit memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia menjadi pondasi kokoh bagi para ulama untuk terus menjaga dan merawat perjuangan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasar Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan UUD 1945. Cinta terhadap tanah air Indonesia bukan semata cinta buta, tetapi cinta yang dilandasi agama. Bahkan, Fatwa Resolusi Jihad KH Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945 menyatakan dengan tegas bahwa membela Tanah Air merupakan kewajiban agama," ungkapnya.


"Selamat Harlah NU ke- 101, Semoga PCNU Kab. Bogor Semakin Maju dan Saling bersinergi bersama Pemerintah dan Forkopimda dan Semoga harokahnya bisa dirasakan oleh warga NU Kabupaten Bogor dan umumnya untuk seluruh masyarakat Kabupaten Bogor," tandasnya.


Sebagai informasi, PCNU Kabupaten Bogor menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka memeriahkan peringatan Harlah NU ke-101 tahun, yakni Istighosah dan mauidhoh hasanah pada Sabtu (27/1/2024) malam. Setelah itu, acara dilanjutkan pada Ahad (28/1/2024) dengan sejumlah agenda yakni Apel Kebangsaan, Bazar dan Resepsi Puncak Acara Harlah ke-101 NU sekaligus Launching Koin NU oleh LAZISNU PCNU Kabupaten Bogor.


Editor:

Kabupaten Bogor Terbaru